Zulfa Azizah, NIM.: 18104090046 (2022) REPRESENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (REPRESENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM)
18104090046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (REPRESENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM)
18104090046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah karena banyaknya kasus pemimpin sekolah yang bertentangan dengan pemikiran tentang pemimpin bahwa pemimpin adalah orang yang amanah/ bertanggung jawab dan dapat memimpin dan menunjukkan jalan yang benar kepada anggotanya. Selain itu, kepala sekolah itu juga konsisten dengan metode kepemimpinan pendidikan Islam, yang berusaha mampu mencerdaskan generasi, membina umat dan meningkatkan pendidikan yang sesuai. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan Trilogi Ki Hajar Dewantara dalam dunia kepemimpinan pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang tercetusnya trilogi Ki Hajar Dewantara, dan juga mengetahui makna filosofi kepemimpinan yang terkandung di dalam Trilogi Ki Hajar Dewantara selain itu juga untuk mengetahui implikasi antara Trilogi Ki Hajar Dewantara dengan konsep kepemimpinan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi kepustakaan. Karena metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode analisis deskriptif, yaitu menganalisis masalah yang sedang dibahas dengan mengumpulkan data perpustakaan dengan sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta dan karakteristik populasi tertentu. Hasil penelitian ini adalah (1) Trilogi Ki Hajar Dewantara sangat relevan dengan tujuan pendidikan Islam di Indonesia, yaitu dapat mengembangkan ketrampilan dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa (2) Trilogi Ki Hajar Dewantara sangat cocok diterapkan di berbagai lembaga kepemimpinan khusunya lembaga pendidikan Islam karena sudah mencangkup berbagai aspek. (3) Trilogi Ki Hajar Dewantara sebagai pelengkap konsep kepemimpinan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu shidiq, amanah, tabligh, fathonah, istiqomah, mahabbah dan amar ma’ruf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Trilogi Ki Hajar Dewantara dan Kepemimpinan Pendidikan Islam |
Subjects: | Islam dan Pemikiran Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2022 10:36 |
Last Modified: | 10 May 2022 10:36 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50939 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |