PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL

Atina Mustafidah, NIM.: 15410042 (2020) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL)
15410042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL)
15410042_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah longgarnya pegangan terhadap agama akibat lemahnya pengetahuan terhadap nilai-nilai keagamaan mengakibatkan kekuatan pengendali yang ada dalam diri manusia menjadi hilang dan kurangnya kesadaran akan lingkungan mengakibatkan manusia bertindak semaunya. Pondok pesantren sebagai salah satu bentuk lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, mempunyai peran aktif dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Pondok Pesantren Al-Imdad sebagai salah satu pondok pesantren yang menerapkan sistem pondok pesantren berbasis lingkungan hidup, selalu berupaya dalam menumbuhkan nilai-nilai keagamaan dan mengatasi krisis lingkungan hidup saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep PAI berbasis lingkungan hidup, upaya penanaman nilai-nilai PAI berbasis lingkungan hidup, dan faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai PAI berbasis lingkungan hidup di Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul. xiii Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan atau kepada responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melalui metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan yaitu dengan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, konsep PAI berbasis lingkungan hidup yaitu pada dasarnya lebih menekankan pada upaya penanaman karakter pada diri santri dengan mengembangkan kesadaran, pengetahuan, sikap, keterampilan, dan partisipasi santri terhadap wawasan kosmik dan permasalahannya melalui materi-materi dan kurikulum yang semuanya didasarkan pada ajaran Islam dengan bersumber Al-Qur’an dan hadits. Kedua, upaya penanaman nilai-nilai PAI berbasis lingkungan hidup yaitu dengan metode keteladanan, latihan dan pembiasaan, kedisiplinan, ibrah dan mau’idzah, serta dengan metode praktik. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai PAI berbasis lingkungan hidup yaitu 1) faktor pendukung: santri antusias mengikuti kegiatan, pembinaan rutin, dukungan penuh dari semua pihak, sinergitas pengurus. 2) faktor penghambat: kesadaran tidak penuh, lemahnya role model, sarana prasarana minim, keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Lingkungan Hidup
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 11:44
Last Modified: 23 Jun 2022 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum