HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI PEMAHAMAN MATERI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU HADIS DI MAPK MAN 1 SURAKARTA

Zudha Asmara, NIM : 15410192 (2020) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI PEMAHAMAN MATERI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU HADIS DI MAPK MAN 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI PEMAHAMAN MATERI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU HADIS DI MAPK MAN 1 SURAKARTA)
15410192_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI PEMAHAMAN MATERI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU HADIS DI MAPK MAN 1 SURAKARTA)
15410192_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tujuan pendidikan salah satunya belajar melakukan dengan menghargai kemampuan dirinya sendiri dan mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan agama yang dipelajari di MAPK MAN 1 Surakarta termasuk mata pelajaran Ilmu Hadis yang disampaikan dengan Bahasa Arab yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman tentang hadis. Hal yang diperhatikan dari proses belajar Ilmu Hadis adalah hasil dari usaha belajar yang disebut prestasi belajar. Prestasi belajar siswa di MAPK MAN 1 Surakarta pada mata pelajaran Ilmu Hadis berbeda satu sama lain, disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Maka dibutuhkan kepercayaan diri pada siswa akan kemampuan dirinya yang disebut dengan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri pemahaman materi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Hadis di MAPK MAN 1 Surakarta, seberapa besar tingkat efikasi diri yang dimiliki siswa dalam pemahaman materi, seberapa tinggi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Hadis di MAPK MAN 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara observasi, dan dokumentasi. Dalam penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% dari populasi sejumlah 118 diperoleh sampel sebanyak 91 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment yang diolah menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efikasi diri pemahaman materi mata pelajaran Ilmu Hadis di MAPK MAN 1 Surakarta berada pada kategori cukup baik sebanyak 41 siswa atau 45,1%. 2) Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Hadis berada pada kategori baik pada interval 90-93 sejumlah 36 siswa atau 39,6%. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri pemahaman materi dengan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Hadis di MAPK MAN 1 Surakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,367 dan berada pada tingkat 0,200 – 0,399 yang menunjukkan tingkat korelasi rendah. Koefisien korelasi menunjukkan r hitung > r tabel yaitu 0,367 > 0,207 pada taraf kesalahan 5% dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Prestasi Belajar Ilmu Hadis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hadis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 12:26
Last Modified: 23 Jun 2022 12:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum