PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL

Sakinah, NIM: 16410092 (2020) PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL)
16410092_BAB I_ IV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL)
16410092__BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur‟an adalah sesuatu yang diharuskan untuk dipelihara baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk hafalan. Masalah menghafal Al-Qur‟an memerlukan metode-metode baru supaya dapat menarik hati anak kecil hingga dia mau duduk tenang dan menmperhatikan pengajarannya agar mudah baginya menghafal Al-Qur‟an. SD Qurrota A‟yun adalah lembaga pendidikan sekolah yang memiliki program unggulan yakni Tahfidz Al-Qur‟an dengan target 2 juz yakni juz 30 dan juz 29. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan mayoritas siswa SD Qurrota A‟yun yang lulus kelas VI mampu menghafalkan 4 juz yakni juz 30, 29, 28 dan 27. SD Qurrota A‟yun dalam Tahfidz Al-Qur‟an menggunakan beberapa metode dalam menghafal Al- Qur‟an. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan oleh para ustadz/ustadzah dalam Tahfidz Al-Qur‟an di SD Qurrota A‟yun. (2) Untuk menganalisis hasil pencapaian Tahfidz Al-Qur‟an di SD Qurrota A‟yun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 12 sampel yakni 4 ustadz/ustadzah yang terdiri dari 2 ustadz, 2 ustadzah, dan 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa putra dan 4 siswa putri SD Qurrota A‟yun Yogyakarta. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Tahfidz Al-Qur‟an yang digunakan oleg ustadzah putri ada enam metode yakni metode klasikal baca sima‟, Talqin Talqiyyah, kitabah, setoran, individual/privat, dan jama‟. Sedangkan pada ustadz putra menggunakan lima xi metode yakni metode Talqin Talqiyyah, kitabah, muraja‟ah klasikal, gerak bunyi, dan jama‟. Terdapat beberapa persamaan metode yang digunakan oleh guru putri dan guru putra yaitu metode talqin talqiyyah, metode kitabah, dan metode jama‟. (2) Hasil pencapaian Tahfidz Al-Qur‟an di SD Qurrota A‟yun pada siswa putri lebih unggul dari siswa putra, hal ini dibuktikan dengan data penilain yang menunjukkan bahwa siswa putri100% sudah mencapai target sedangkan pada siswa putra 90% yang sudah mencapai target.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Metode, Tahfidz Al-Qur‟an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 12:27
Last Modified: 23 Jun 2022 12:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum