EFEKTIFITAS PENDALAMAN MATERI FIKIH KELAS JURUMIYAH PADA PROGRAM DISKUSI DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

Muhammad Firdaus, NIM : 16410060 (2020) EFEKTIFITAS PENDALAMAN MATERI FIKIH KELAS JURUMIYAH PADA PROGRAM DISKUSI DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (JUDUL EFEKTIFITAS PENDALAMAN MATERI FIKIH KELAS JURUMIYAH PADA PROGRAM DISKUSI DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA SKRIPSI)
16410060_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (JUDUL EFEKTIFITAS PENDALAMAN MATERI FIKIH KELAS JURUMIYAH PADA PROGRAM DISKUSI DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA SKRIPSI)
16410060_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Metode Diskusi dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini menarik dikaji, karena selama ini pembelajaran fiqih di pesantren mayoritas bersifat teacher-centered dan metode yang digunakan dalam pembelajaran fiqih di pesantren pada umumnya kurang menarik. metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih di Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah menarik, sebab dengan metode tersebut para santri mengalami peningkatan semangat belajar, berfikir kritis, dan meningkatkan daya saing santri untuk mengetahui keilmuan Islam secara mendalam. Adapun rumusan masalahnya ada dua, yaitu; Bagaimana penerapan metode diskusi materi Fiqih Kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta?, Seberapa jauh tingkat efektifitas diskusi materi Fikih kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta?. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh ustadz fiqih dan guru PAI untuk menyampaikan mata pelajaran fiqih dengan metode yang relevan dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kualitatif lapangan, dengan maksud dalam menjelaskan fenomena/karakteristik individu, situasi, atau kelompok tertentu secara akurat. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih di Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta meliputi tiga tahap, yaitu tahap awal, inti dan akhir. Tahap awal, moderator memulai diskusi dengan mengucapkan salam dan membaca alfatihah bersama, hal ini dilakukan sebagai pembukaan diskusi. Pada tahap inti, presentator mempresentasikan materi fiqih yang ada dalam teks kitab, setelah itu moderator membuka sesi tanya jawab. Pada saat sesi tanya jawab ini para siwa bertanya dan presentator menjawab pertanyaan serta memberikan kesimpulan. Selanjutnya pada tahap akhir, ustadz dipersilahkan viii untuk menanggapi dan membimbing para santri terhadap permasalahan yang muncul dalam diskusi. Setelah itu, moderator menutup diskusi dengan doa. (2) Bahwa hasil penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih di Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta, yaitu; santri memahami materi yang diajarkan, santri terlatih untuk mencari referensi, santri mampu memecahkan masalah dan mendapatkan pengalaman yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Radino,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Diskusi Materi Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 12:32
Last Modified: 23 Jun 2022 12:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum