IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN UNGARAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhammad Nabil Fahmi, NIM : 16410015 (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN UNGARAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN UNGARAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16410015_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN UNGARAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16410015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter sebagaimana amanat pendidikan nasional, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Meskipun mata pelajaran nilai seperti PAI sudah diajarkan di sekolah, penyelenggaraan pendidikan karakter perlu diperkuat untuk mengahadapi masa depan pendidikan nasional yang sarat akan tantangan sekaligus peluang. Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan pemerintah pada tahun 2016 telah memunculkan beberapa sekolah pilot. Di daerah Yogyakarta, SDN Ungaran 1 Yogyarta ditetapkan sebagai sekolah pilot project dan sudah dikenal memiliki best practice implementasi PPK di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mengungkap bagaimana konsep serta praktis implementasi kebijakan PPK dalam pembelajaran PAI di jenjang SD, serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana peneliti memperoleh data langsung dari responden atau sumber data di SDN Ungaran 1 Yogyakarta. Dengan metode kualitatif serta pendekatan fenomenologi, peneliti bermaksud memperoleh data dan pemahaman secara mendalam terkait obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pembelajaran dan kegiatan PPK, dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber yang terkait dengan tujuan penelitian. Semua data yang diperoleh dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan akhirnya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, PPK adalah gerakan penguatan karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan mengoptimalkan dan mensinergikan struktur dan komponen pendidikan yang ada di sekolah, melalui kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, serta pengoptimalan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan PPK sekolah. Kedua, pengimplementasian PPK dalam pembelajaran PAI di SDN Ungaran 1 Yogyakarta tidak hanya terbatas dalam KBM di dalam kelas saja. PPK yang ada dalam pembelajaran PAI didukung dengan sejumlah kegiatan PPK di sekolah yang bersifat holistik. Sebaliknya pembelajaran PAI di sekolah juga turut menguatkan pemahaman dan pengalaman peserta didik selama proses PPK berlangsung. Ketiga, secara praktis, implementasi PPK dalam pembelajaran PAI di SDN Ungaran 1 Yogyakarta mengalami dua kendala utama, yaitu minimnya kompetensi guru PAI dalam mengaplikasikan sejumlah penyesuaian administrasi pembelajaran yang terintegrasi dengan PPK, serta minimnya dukungan wali murid atas proses pengembangan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Karakter, PPK, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 15:10
Last Modified: 23 Jun 2022 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum