IDEOLOGI GERAKAN ORGANISASI MAHASISWA ISLAM EKSTRA KAMPUS DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ORGANISASI HMI, KAMMI,IMM,PMII)

Mohammad Shofiyulloh, NIM.: 13490058 (2020) IDEOLOGI GERAKAN ORGANISASI MAHASISWA ISLAM EKSTRA KAMPUS DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ORGANISASI HMI, KAMMI,IMM,PMII). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IDEOLOGI GERAKAN ORGANISASI MAHASISWA ISLAM EKSTRA KAMPUS DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ORGANISASI HMI, KAMMI,IMM,PMII))
13490058_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (IDEOLOGI GERAKAN ORGANISASI MAHASISWA ISLAM EKSTRA KAMPUS DI UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ORGANISASI HMI, KAMMI,IMM,PMII))
13490058_BAB_II_S.D_BAB_SEBELUM_TERAKHIR.docx.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Isu radikalisme Agama sedang marak terjadi dan ironisnya kalangan akademisi pun banyak yang sudah terjangkit. Saat ini organisasi ekstra kampus yang banyak diminati oleh mahasiwa adalah organisasi kemahasiswaan islam. Hal ini tidak hanya dikarenakan jumlah pemeluk agama Islam yang menjadi mayoritas masyarakat Indonesia, tapi juga karena semangat Islam untuk membawa perubahan sosial yang lebih baik. Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terdapat dinamika yang cukup intens antar organisasi ekstra islam. Dengan maraknya isu radikalisme tadi dan tanggungjawab mahasiswa elite intelektual maka penting untuk memahami peta gerakan dan ideologi organisasi mahasiswa Islam ekstra kampus di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan analisis kualitatif dengan metode pengmpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis yang dikembangkan olehg Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trangulasi metode yaitu menguji data hasil wawancara dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap organisasi mahasiswa Islam kampus di UIN Sunan Kalijaga memiliki ciri khas dan karakter masing-masing. Pertama, HMI memiliki gerakan intelektual yang dilakukan secara sistematis dan gerakan sosial sebagai implementasi tanggungjawab keumatan. HMI MPO memiliki gerakan spiritual dan gerakan politik. Kedua, KAMMI memiliki gerakan spiritual,gerakan dakwah, dan gerakan politik. Ketiga, IMM memiliki gerakan intelektual, gerakan sosial dan gerakan kerohanian. Keempat, PMII memiliki gerakan intelektual, gerakan spiritual, dan gerakan sosial. Sedangkan ideologi dalam penelitian ini terpetakan menjadi tiga yaitu pertama, ideologi tradisionalis-progresif organisasi mahasiswa islam ekstra kampus yang termasuk dalam peta ideologi ini yaitu PMII. kedua,ideologi modernis organisasi mahasiswa Islam yang termasuk dalam kategori ideologi ini yaitu IMM dan HMI. Ketiga, ideologi revivalis, organisasi yang termasuk dalam kategori ideologi ini yaitu HMI MPO dan KAMMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Zainal Arifin M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Peta gerakan dan ideologi, ideologi organisasi mahasiswa.
Subjects: Islam dan Organisasi
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 15:13
Last Modified: 23 Jun 2022 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum