MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SDN GUYANGAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (Studi Tentang Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan)

Ahmad Kurniawan, NIM.: 13490022 (2020) MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SDN GUYANGAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (Studi Tentang Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SDN GUYANGAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (Studi Tentang Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan))
13490022_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SDN GUYANGAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (Studi Tentang Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan) SKRIPSI)
13490022_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap permasalahan-permasalahan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatan kompetensi guru di SDN Guyangan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, disamping karena letak geografis Sekolah SDN Guyangan yang jauh dengan perkotaan atau pusat pemerintahan, SDN Guyangan juga masih perlu adanya manajemen yang bagus dalam meningkatkan kompetensi guru guna menambah daya saing dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan subyek penelitian, peneliti meggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan dalam menganalisis data yang didapatkan dilapangan dengan cara mereduksi data penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkap mengenai manajemen peningkatan kompetensi guru di SDN Guyangan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kompetensi guru di SDN Guyangan, secara garis besar sudah baik. Namun demikian setiap indikator dari sub kompetensi tersebut masih perlu adanya peningkatan-peningkatan secara terus menerus. (2) Dalam upaya meningkatan kompetensi guru, berjalan dengan prinsip demokratis, sehingga tugas dalam memajukan sekolah adalah tanggung jawab semua guru dan komponen yang terlibat di lemabaga sekolah xx tersebut. Kegiatan-kegiatan yang mendukung dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Guyangan Gedangsari Gunungkidul adalah Diklat, forum KKG, Pembinaan Internal Sekolah melalui rapat dinas, dan Seminar. (3) Faktor pendukung dalam manajemen peningkatan kompetensi guru adalah guru yang masih muda, kesehatan guru, dan latar belakang pendidikan guru. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang kurang dan latar belakang perekonomian guru yang masih rendah. (4) hasil dari manajemen peningkatan kompetensi guru yang sudah diterapkan adalah meningkatnya kratifitas guru dalam mencari metode pembelajaran dengan membuat alat peraga, kedisiplinan guru yang semakin meningkat, kekompakan guru yang semakin bagus dalam memajukan SDN Guyangan. Adapun capaian sekolah yaitu pada tahun 2016 peringkat ke-23 dari 24 sekolahan di satu kecamatan, tahun 2017 peringkat ke-2 dan tahun 2018 peringkat ke-5 dari 24 sekolahan dikecamatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mangun Budiyanto M,S.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM, Kompetensi Guru, Manajemen Peningkatan Kompetensi Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 15:31
Last Modified: 23 Jun 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum