PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK BERLATAR BELAKANG ORANGTUA KARIR DI KELAS B3 TK MASYITHOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL

Aqida Hapsari Nugrahani, NIM.: 14430007 (2020) PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK BERLATAR BELAKANG ORANGTUA KARIR DI KELAS B3 TK MASYITHOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK BERLATAR BELAKANG ORANGTUA KARIR DI KELAS B3 TK MASYITHOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL)
14430007_ BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, .pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK BERLATAR BELAKANG ORANGTUA KARIR DI KELAS B3 TK MASYITHOH NDASARI BUDI II KRAPYAK KULON, PANGGUNGHARJO, SEWON, BANTUL)
14430007_ BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial emosional anak berlatar belakang orangtua karir di Kelas B3 Tk Masyithoh Ndasari Budi II Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul. Selain itu juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalm pelaksanaan perkembangan sosial emosional anak berlatar belakang orangtua karir di Kelas B3 TK Masyithoh Ndasari Budi II Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data di TK Masyithoh Ndasari Budi II. Teknik pengumpulan data melalui observasi pada peserta didk di kelompok B3, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, dan dokumentasi TK Masyithoh Ndasari Budi II. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi, setelah itu ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perkembangan sosial emosional anak berlatar belakang orangtua karir di kelas B3 TK Masyithoh Ndasari Budi II. Perkembangan sosial emosional adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian belajar berpartisipasi dalam kelompok, bekerjasama, saling membagi, dan bersosialisasi dengan lingkungan sekolah ataupun rumah, yang paling berperan dalam perkembangan sosial emosional anak adalah keluarga dan lingkungan sekolah. 2) faktor pendukung perkembangan sosial emosional anak berlatar belakang xiii orangtua karir di kelas B3 TK Masyithoh Ndasari Budi II yaitu faktor keluarga, faktor gizi, budaya dan teman bermain atau teman sekolah. Keluarga sangat berpengaruh dalam membentu kepribadian anak dan sikap kebiasaan keluarga dalam mengasuh anak dan mendidik, dan juga tenaga pendidik di sekolah yang profesional dalam mendidik di sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan tenaga pendidik dan kurangnya orang tua saat mendampingin anak bermain di lingkunganya yang mengakibatkan anak terbiasa terhadap perilaku yang tidak sepantasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosional, Anak usia dini, Orangtua karir.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Profesi > Karir
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 11:36
Last Modified: 24 Jun 2022 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum