EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP

AMALIAH RIZQI WIBOWO, NIM. 06600039 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan menelaah penggunaan metode group to group dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) di kelas eksperimen lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode ceramah yang digunakan guru di kelas kontrol dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banguntapan Bantul tahun ajaran 2009/2010; (2) Untuk mengetahui dan menelaah perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan metode group to group dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) di kelas eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian semu (quasi experiment) dengan desain nonrandomaized control group pretest-posttest. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan metode group to group dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan variabel terikat berupa prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 144 siswa kelas VII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas dengan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Lembar observasi, wawancara dan gambar digunakan untuk mengetahu keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode group to group dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Teknik analisis data menggunakan uji T sampel berpasangan / dependent dan kriteria keefektifan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis diperoleh hasil: (1) Penggunaan metode group to group dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) di kelas eksperimen lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode ceramah yang digunakan guru di kelas kontrol dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banguntapan Bantul tahun ajaran 2009/2010; (2) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan metode group to group dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) di kelas eksperimen (besar nilai (Sig.) 0,000 amp;#945; = 0,05 dan Thitung = -9,487 - Ttabel = -2,8). div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. M. Wakhid Mustofa, M.Si., 2. Iwan Kuswidi, S.Pd.I.,M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Group To Group, Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jan 2015 08:49
Last Modified: 20 Jan 2016 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum