PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA

CHILYA CHULAFA, NIM. 05440013 (2015) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul pengaruh pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia peserta didik ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (a) pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap sikap ilmiah peserta didik, (b) pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap prestasi belajar kimia peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dua variabel, dan satu kovariabel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 1 Sewon dan dibagi dalam 4 kelas yang berjumlah 126 peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 64 siswa yang dibagi dalam 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 3) dan kelas kontrol (XI IPA 4 ) yang diambil secara purpossive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data prestasi belajar kimia, dan data sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan analisis kovarian-A (anakova-A) dan uji-t antarkelompok. Hasil analisis kovarian-A menunjukkan hasil Fo sebesar 4,520 yang lebih besar dari Ftabel (3,98) dan p sebesar 0,035 yang kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang dikenai praktikum terintegrasi dengan peserta didik yang dikenai praktikum terpisah, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Analisis dengan uji-t antarkelompok terhadap data sikap ilmiah peserta diperoleh to sebesar 0,970, to kurang dari ttabel (2,00) dan p sebesar 0,336 yang lebih besar dari 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Das Salirawati, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Praktikum kimia terintegrasi, praktikum kimia terpisah, sikap ilmiah, prestasi belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jan 2015 11:52
Last Modified: 23 Feb 2016 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum