IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DENGAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN DAYA PIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA 3 MAN YOGYAKARTA III

MUDRIKAH - NIM. 05440016, (2010) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DENGAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN DAYA PIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA 3 MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DENGAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN DAYA PIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA 3 MAN YOGYAKARTA III)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN CTL DENGAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN DAYA PIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA 3 MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan daya pikir kritis siswa kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta III. Peningkatan kreativitas dan daya pikir kritis diupayakan dengan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran CTL yang dikolaborasikan dengan strategi penyelesaian masalah dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta III semester genap tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlahs 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, lembar angket siswa, tes wawancara, catatan lapangan, LKS, dan tes evaluasi. Hasil validitas pada angket menunjukkan bahwa terdapat 11 butir aspek kreatif dan 12 butir aspek berpikir kritis yang valid. Penelitian tindakan kelas ini telah terlaksana dalam dua siklus yang terbagi ke dalam 7 pertemuan; 3 kali pertemuan untuk siklus I dan 4 kali pertemuan untuk siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan daya pikir kritis siswa dengan pendekatan CTL dan strategi penyelesaian masalah. Berdasarkan data dari lembar observasi menunjukkan bahwa kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,68% yaitu dari 55,32% menjadi 75%; sedangkan pada daya pikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 20,14% yaitu dari 57,4% menjadi 77,54%. Sedangkan data dari lembar angket siswa menunjukkan bahwa kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,69% yaitu dari 62,08% menjadi 69,77%; daya pikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,14% yaitu dari 70,07% menjadi 75,21% sedangkan implementasi pendekatan CTL pada pembelajaran kimia dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 9,39% yaitu dari 67,11% menjadi 76,5%. Peningkatan tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian ini, yaitu 55-75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: CTL, masalah, kreativitas, kritis
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Feb 2013 15:44
Last Modified: 19 Feb 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum