HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN SANTRI PESANTREN ARROYYAN BAITUL HAMDI DALAM MENGAKSES INJO.ID

Zulvinda Aulia Wachidah, NIM.: 12210146 (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN SANTRI PESANTREN ARROYYAN BAITUL HAMDI DALAM MENGAKSES INJO.ID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN SANTRI PESANTREN ARROYYAN BAITUL HAMDI DALAM MENGAKSES INJO.ID)
12210146_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIF DAN KEPUASAN SANTRI PESANTREN ARROYYAN BAITUL HAMDI DALAM MENGAKSES INJO.ID)
12210146_BAB-II_IV_SEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Populernya intagram dikalangan masyarakat kemudian akun Injo.id memanfaatkan media sosial instagram sebagai alat untuk berdakwah. Pada penulisan ini peneliti ingin mengetahui tentang hubungan antara motif dan kepuasan dalam bermedia, sehingga peneliti menggunakan teori uses and gratification untuk melihat perspektif dari para pengguna atau audien. Pendekatan atau teori uses and gratification adalah suatu teori yang melihat suatu penilaian media oleh khalayak. Pada model uses and gratification audien sangat aktif dalam memilih dan menentukan media mana yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan lain sebagainya. Peneliti menjadikan santri Arroyyan Baitul Hamdi sebagai populasi yang berjumlah 158 santri. Kemuadia teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 61 orang. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa tingkat motif dan kepuasan santri Arroyyan Baitul Hamdi dalam mengakses Injo.id keduanya tergolong sedang. Hal tersebut diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan SPSS 16.0 yang mana mayoritas santri memiliki motif yang sedang dengan perolehan persentase 73,8% dari keseluruhan motif santri dalam mengakses Injo.id. Kemudian tingkat kepuasan santri juga menunjukkan pada tingkatan yang sedang, dengan perolehan mayoritas persentase 68,9% dari total keseluruhan kepuasan santri dalam mengakses Injo.id. Hasil perhitungan nilai rata-rata yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata santri paling tinggi dalam penggunaan media terleptak pada motif dan kepuasan informasi. Hasil dari perhitungan menggunakan rumus chi kuadrat bahwa terdapat hubungan antara motif dan kepuasan santri Arroyyan Baitul Hamdi dalam mengakses Injo.id. Hal tersebut ditunjukkan bahwa 15 indikator antara motif dan kepuasan memiliki nilai kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Instagram, Injo.id, Uses and Gratification, Motif dan Kepuasan
Subjects: Penyiaran Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Jul 2022 15:21
Last Modified: 07 Jul 2022 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum