KONSTRUKSI SOSIAL KESENIAN JATILAN KUDO PUSPITO TERHADAP MASYARAKAT MUSLIM DUSUN JONGKANG, SLEMAN YOGYAKARTA

Irta Ulil Warosa, NIM.: 15540005 (2022) KONSTRUKSI SOSIAL KESENIAN JATILAN KUDO PUSPITO TERHADAP MASYARAKAT MUSLIM DUSUN JONGKANG, SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI SOSIAL KESENIAN JATILAN KUDO PUSPITO TERHADAP MASYARAKAT MUSLIM DUSUN JONGKANG, SLEMAN YOGYAKARTA)
15540005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI SOSIAL KESENIAN JATILAN KUDO PUSPITO TERHADAP MASYARAKAT MUSLIM DUSUN JONGKANG, SLEMAN YOGYAKARTA)
15540005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tulisan ini bermaksud memahami terbentuknya realitas sosial yang terjadi pada kesenian Jatilan Kudo Puspito terhadap masyarakat Muslim di Dusun Jongkang, Sleman. Tulisan ini menjelaskan proses penerimaan kesenian Jatilan Kudo Puspito menjadi kesenian yang terus dilestarikan secara turun-temurun oleh masyarakat muslim Dusun Jongkang. Ritual kesurupan atau ndadi dalam prosesi kesenian Jatilan Kudo Puspito seringkali dianggap musyrik oleh sebagian masyarakat muslim. Namun disisi yang lain masyarakat Dusun Jongkang memiliki kegemaran terhadap kesenian Jatilan itu sendiri. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui wawancara dengan daftar pertanyaan yang disiapkan. Penelitian dilakukan kepada para seniman pegiat jatilan dan tokoh masyarakat Dusun Jongkang, menggunakan tekhnik wawancara dan daftar pertanyaan yang diberikan kepada informan dan bentuk pengolahan data secara deksriptif analitis dan membangun kesimpulan berdasarkan data di lapangan. Analisis ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dengan 3 tahapan proses dialektik; internalisasi, objektifikasi dan eksternalisasi nilai. Secara teoritis tulisan ini menganalisis proses konstruksi sosial kesenian jatilan Kudo Puspito sehingga diterima oleh masyarakat Muslim Dusun Jongkang. Perubahan persepsi makna masyarakat Dusun Jongkang menuju realitas baru terhadap Jatilan terjadi karena proses internalisasi nilai yang dilakukan oleh para pegiat kesenian Jatilan Kudo Puspito dalam praktik keseharian bersama masyarakat dusun Jongkang. Aktivitas sosial dan keagamaan yang dilakukan oleh pegiat kesenian Jatilan membangun citra positif yang perlahan tapi berhasil membuat Jatilan Kudo Puspito diterima dengan baik oleh masyarakat Dusun Jongkang. Pegiat kesenian Jatilan Kudo Puspito telah menjalankan fungsi sosial dan ikut terlibat dalam masyarakat dusun Jongkang sebagai bagian yang dibanggakan karena melestarikan kesenian yang disukai sebagaian masyarakat Islam Jawa di Dusun Jongkang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Masroer, S. Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konstruksi realitas sosial, Kesenian Jatilan, Dusun Jongkang
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Aug 2022 11:26
Last Modified: 01 Aug 2022 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum