KONTEKSTUALISASI MAKNA JIHAD TERHADAP PANDEMI COVID-19 (STUDI ANALISIS MA’NĀ CUM MAGZHA DALAM PENAFSIRAN QS. AL-‘ANKABU>T (29): 5-7)

‘AMILATU SHOLIHAH, NIM.: 19205032055 (2022) KONTEKSTUALISASI MAKNA JIHAD TERHADAP PANDEMI COVID-19 (STUDI ANALISIS MA’NĀ CUM MAGZHA DALAM PENAFSIRAN QS. AL-‘ANKABU>T (29): 5-7). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTEKSTUALISASI MAKNA JIHAD TERHADAP PANDEMI COVID-19 (STUDI ANALISIS MA’NĀ CUM MAGZHĀ DALAM PENAFSIRAN QS. AL-‘ANKABU>T (29): 5-7))
19205032055_BAB II_S.D_SBLM BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTEKSTUALISASI MAKNA JIHAD TERHADAP PANDEMI COVID-19 (STUDI ANALISIS MA’NĀ CUM MAGZHĀ DALAM PENAFSIRAN QS. AL-‘ANKABU>T (29): 5-7))
19205032055_BAB I_S.D_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemaknaan jihad akan selalu mengalami perkembangan seperti halnya QS. al-‘Ankabu>t (29): 6. Ayat ini dalam berbagai tafsir mengarah pada 2 aspek yang berbeda yaitu perilaku (amal) dan Qital. Berdasarkan kedua penafsiran jihad yang berbeda dan saling bertolak belakang ini perlu adanya penafsiran ulang khususnya apabila dikontekskan dengan pandemi covid-19. Jihad yang difahami sebagai amal shaleh dengan tindakan masyarakat musyrik Makkah yang menyengsarakan dapat direfleksikan dalam kondisi pandemi yang memberikan kesengsaraan yang sama. Perintah Allah dengan jihad dalam perbuatan bisa dijadikan cara untuk menghadapi covid-19. Dari problematika tersebut tesis ini akan membahas tiga problem akademik. Pertama, bagaimana makna historis dari QS. al-‘Ankabu>t (29): 5-7. Kedua, bagaimana signifikansi fenomenal historis dari QS. al-‘Ankabu>t (29): 5-7. Ketiga, bagaimana signifikansi fenomenal dinamis dari QS. al-‘Ankabu>t (29): 5-7 dalam konteks pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif-analitis dengan jenis penelitian kepustakaan. Untuk menganalisis problem akademik pada tesis ini dapat menggunakan teori ma’na cum maghza. Teori ini mempunyai langkah-langkah metodis dalam melakukan penelitian terhadap al-Qur’an, yaitu dengan menganalisis bahasa, yang dilanjutkan dengan menentukan intratekstualitas, intertekstualitas, dan konteks historis ayat dalam QS. al-‘Ankabu>t (29): 5-7. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan barulah dapat menemukan makna asal dan maksud ayat tersebut. Kemudian maksud ayat tersebut dikontekskan di era kekinian dengan ilmu bantu lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu pertama, makna jihad pada ayat ini adalah bersungguh-sungguh untuk melakukan amal shaleh. Amal shaleh yang dimaksud adalah ketaatan (menjaga keimanan). Kedua, signifikansi fenomenal historis dari QS. al-‘Ankabu>t (29): 5-7 ada tiga point yaitu 1. Jihad yang diartikan dengan bersungguh-sungguh mempertahankan keimanan, melakukan amal sholeh, dan sabar mengahadapi cobaan. 2. Amal yang dimaksud adalah amal shaleh yang berarti taat, ketaatan itu diperuntukkan kepada Allah dan rasulNya. 3. Manfaat jihad yang akan kembali pada dirinya sendiri. Ketiga, signifikansi fenomenal dinamis dari QS. al-‘Ankabu>t (29): 5-7 ialah 1. Jihad amal yang dimaksud yaitu berjuang dengan bersungguh-sungguh mempertahankan keimanan, dan sabar dalam menghadapi virus covid-19. 2. Amal shaleh untuk konteks keindonesiaan saat ini selain taat kepada Allah Swt dan rasul-Nya juga taat kepada ulil amri (pemerintah). 3. Manfaat jihad saat ini selain untuk dirinya sendiri juga untuk orang lain disekitar kita dan masyarakat luas. Kontekstualisasi jihad dalam mengatasi covid-19 ini dikelompokkan menjadi lima aspek, yaitu aspek kesehatan, spiritual, ekonomi, pendidikan dan psikologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: MAKNA JIHAD, PANDEMI COVID-19, MA’NA CUM MAGZHA, QS. AL-‘ANKABUT (29): 5-7)
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Aug 2022 15:01
Last Modified: 01 Aug 2022 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum