PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI TK QURROTA A’YUN DESA BELUK KABUPATEN PEMALANG

Novi Khairini, NIM.: 17104030037 (2022) PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI TK QURROTA A’YUN DESA BELUK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI TK QURROTA A’YUN DESA BELUK KABUPATEN PEMALANG)
17104030037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DI TK QURROTA A’YUN DESA BELUK KABUPATEN PEMALANG)
17104030037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Banyak anak-anak belum mendapatkan pendidikan seks yang benar, utuh dan lengkap. Anak-anak justru mendapatkan informasi tentang seks dari teman sebaya, internet, dan majalah, padahal sumber informasi tersebut belum tentu benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Masalah kejahatan seksual yang menimpa anak-anak karena mereka tidak memiliki bekal pengetahuan yang bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan perlakuan buruk masalah seks. Oleh karena itu, pendidikan seks yang tepat untuk anak usia dini sangat perlu agar anak-anak mendapat bekal memadai. Pengenalan pendidikan seks di TK Qurrota A’yun desa Beluk masih minim, guru masih merasa risih dalam mengenalkan pendidikan seks, maka dari itu peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana peran guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Qurrota A’yun, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Qurrota A’yun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di TK Qurrota A’yun desa Beluk, Pemalang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu memverifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian peran guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini di TK Qurrota A’yun desa Beluk, sudah cukup baik, hal ini dapat diketahui melalui 1) peran guru sebagai pengajar, pendidik dan fasilitator. Guru mengajarkan mengenai organ tubuh dan fungsinya, mendidik anak dalam usaha pencapaian kedewasaan dan kemandirian anak serta memberikan fasilitas pendidikan seperti poster atau gambar untuk memudahkan pembelajaran. 2) faktor pendukung dalam mengenalkan pendidikan seks diantaranya adalah memanfaatkan adanya lagu dan poster tentang pendidikan seks, sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang masih merasa risih dalam mengenalkan pendidikan seks dan wali siswa yang tidak semuanya menerapkan pendidikan seks ketika di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan seks; guru; anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 13:12
Last Modified: 01 Aug 2022 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum