PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI TERPADU AL FALAH JEPARA

Arinal Husna Al Bayyinah, NIM: 17104080004 (2022) PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI TERPADU AL FALAH JEPARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI TERPADU AL FALAH JEPARA)
17104080004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL TEACHING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI TERPADU AL FALAH JEPARA)
17104080004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran selalui dijumpai adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam mencapai standar kompetensi, kompetensi dasar dan penguasaan materi pembelajaran yang telah ditentukan usaha dengan diadakan program remedial teaching. Termasuk program pelaksanaan remedial teaching pada kelas IV MI Terpadu Al Falah. Secara garis besar kesulitan dimaksud dapat berupa kurangnya pengetahuan, kesulitan memahami materi pembelajaran, maupun kesulitan tugas-tugas latihan dan menyelesaikan soal- soal latihan. Secara khusus, kesulitan yang dijumpai siswa dapat berupa tidak dikuasainya kompetensi dasar pembelajaran matematika. Adapun permaasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan program remedial teaching dalam peningkatan kemampuan berhitung pecahan pada siswa kelas IV MI Terpadu Al Falah Jepara, (2) Bagaimana dampak pelaksanaan program remedial teaching dalam peningkatan kemampuan berhitung pecahan pada siswa kelas IV MI Terpadu Al Falah Jepara. Jenis penelitian ini adalah evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV MI Terpadu Al Falah dan siswa-siswi kelas IV MI Terpadu Al Falah sebagai key informan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalampenelitian ini menggunakanmetode triangulasi. Hasil penelitian ini dikemukakan sebagai berikut. Pelaksanaan remedial teaching dilakukan bagi seluruh kriteria siswa. pencapaian nilai acuan KKM dilihat dari rata-rata nilai kelas. Dalam pelaksanaan remedial teaching guru harus memperhatikan nilai, situasi, dan kondisi yang dialami oleh siswa, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuratif yaitu penyembuhan dan metode yang digunakan adalah metode diskusi dan tanya jawab. Sarana yang membantu pelaksanaan remedial adalah ruang kelas, pustaka, lingkungan sekolah, alat peraga dan ternyata sarana tersebut sangat membantu pelaksanaan remedial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar; remedial teaching; context evaluation; pembelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 13:18
Last Modified: 01 Aug 2022 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum