PELATIHAN KEPEMIMPINAN KADER ORGANISASI EKSTRA ISLAM KAMPUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Organisasi PMII, HMI, IMM, dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Ichsan kamal, NIM.: 16490041 (2022) PELATIHAN KEPEMIMPINAN KADER ORGANISASI EKSTRA ISLAM KAMPUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Organisasi PMII, HMI, IMM, dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELATIHAN KEPEMIMPINAN KADER ORGANISASI EKSTRA ISLAM KAMPUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Organisasi PMII, HMI, IMM, dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
16490041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELATIHAN KEPEMIMPINAN KADER ORGANISASI EKSTRA ISLAM KAMPUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Organisasi PMII, HMI, IMM, dan KAMMI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
16490041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelatihan kepemimpinan merupakan proses yang wajib dilakukan oleh sebuah organisasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada didalamnya. PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Indonesia), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Islam Indonesia) n adalah Organisasi Ekstra Islam Kampus yang merupakan organisasi kaderisasi yang selalu mencetak pemimpin berkarakter, beridiologi dan berlandaskan keislaman terus melakukan pelatihan kepemimpinan setiap tahunya. Terjadinya Corona virus 19 (CoVid-19) menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi organisasi ekstra kampus karena seluruh aktivitas manusia dipaksa untuk berhenti. Bencana tersebut berdampak kepada proses pelatihan kepemimpinan kader yang sudah seharusnya di selenggarakan oleh Organisasi Mahasiswa Ekstra Islam Kampus, ini menjadi tujuan peneliti untuk menjawab pertanyaan terkait bagaimana bentuk pelatihan kepemimpinan kader PMII, HMI, IMM, KAMMI pada masa Pandemi CoVid-19, strategi dan faktor apa saja yang menjadi pendukung serta hambatan dalam melaksanakan pelatihan kepemimpinan kader di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan BPH (Badan Pengurus Harian) organisasi, dan dokumentasi. Peneltian ini dilakukan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di bulan Februari 2022. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Huberman dan Miles yang disebut sebagai model Interatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Tekhnik keabsahan data menggunakan tekhnik tringaluasi metode yaitu dengan menguji data hasil wawancara dengan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah yang pertama bentuk pelatihan kepemimpinan kader di PMII seperti (Pelatihan Kader Dasar) PKD, di HMI seperti Latihan Kader 1 (LK1), di IMM Seperti Darul Arqom Dasar (DAD), dan di KAMMI Seperti Daurah Marhalah 1 (DM1) pada masa Pandemi CoVid-19 dengan menggunakan Virtual Leadership Training. Kedua strategi adaptasi yang dilakukan oleh organisasi ekstra kampus dalam menghadapi situasi pandemi adalah melalui dua tahapan yaitu defensive strategy dan adaptive dynamic strategy, faktor pendorong dan kelebihan pelatihan during ini adalah media online, akses yang mudah seperti pemateri dan prasarana. Dan untuk penghambat dan kekurangan pelatihan during adalah sarana seperti alat webinar yang masih harus menyewa, kendala sinyal dan perbedaan waktu, psikologi peserta dikarenakan waktu yang terlalu lama menghadap ke monitor kejenuhan dan mengaburkan fokus peserta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: HMI; KAMMI; IMM; kader; organisasi ekstra kampus; strategi adaptasi
Subjects: Islam dan Organisasi
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 13:28
Last Modified: 01 Aug 2022 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum