IMPLEMENTASI SHALAWAT WAHIDIYAH SEBAGAI PENDIDIKAN TAUHID DI SMP IT AT-TAHDZIB TIRTOMOYO WONOGIRI

Joni Wiratama, NIM.: 08410159 (2014) IMPLEMENTASI SHALAWAT WAHIDIYAH SEBAGAI PENDIDIKAN TAUHID DI SMP IT AT-TAHDZIB TIRTOMOYO WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SHALAWAT WAHIDIYAH SEBAGAI PENDIDIKAN TAUHID DI SMP IT AT-TAHDZIB TIRTOMOYO WONOGIRI)
08410159_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SHALAWAT WAHIDIYAH SEBAGAI PENDIDIKAN TAUHID DI SMP IT AT-TAHDZIB TIRTOMOYO WONOGIRI)
08410159_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

kompleksnya pemikiran manusia membuat nilai Tauhid tergerus sedikit demi sedikit, maka dari pada itu para ulama’ banyak yang merasa prihatin dan akhirnya membuat dan menempuh berbagai cara untuk melaksanakan operasi mental. Melalui pengajaran dan pendidikan, lewat sistem da’wah dan peneranganpenerangan agama, menggunakan media masa, surat-surat kabar, majalah, radio, televisi dan buku-buku, melalui perkumpulan, organisasi-organisasi sosial, dll. Masing-masing menggunakan metode dan sistematika yang berbeda-beda. Salah satu orang yang ikut prihatin adalah Beliau KH. Abdul Madjid Ma’ruf yang kemudian menyusun sebuah shalawat dan dengan shalawat inilah beliau ikut membantu manusia agar kembali kepada Allah. Dan akhirnya shalawat ini diterapkan di lembaga formal maupun non formal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP IT At-Tahdzib Tirtomoyo Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Materi ajaran Shalawat Wahidiyah meliputi bab ajaran dan adab 2) Metode dan Strategi implementasi pembelajaran Shalawat Wahidiyah dalam pelaksanaanya metode yang digunakan tidak jauh beda dengan metode yang digunakan pada pembelajaran mapel lainnya seperti ceramah diskusi, dll, adapun alokasi waktu yang di pakai adlah 2x40 menit setiap minggunya 3) implementasi shalawat wahidiyah sebagai pendidikan dibuktikan dengan didalam shalawat wahidiyah mengandung tiga aspek ruang lingkup tauhid, yaitu sebagai berikut : mengesakan Allah baik dalam dzat dan perbuatan-Nya (Rububiyah) di shalawat wahidiyah memakai istilah Billah, mengesakan Allah dalam menyembah dan beribadah kepada-Nya (Uluhiyah) dalam shalawat wahidiyah memakai nama Lillah, dan mengesakan Allah dengan nama yang disandang-Nya sendiri maupun yang diucapkan oleh rasul-Nya (Asma Wa Sifat), sebagai pengagungan dan cinta terhadap Allah dalam shalawat wahidiyah juga memakai nama-nama Allah ( Al-Wahidu, Al Ahad dan Al Wajidu).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Shalawat Wahidiyah, Metode pembelajaran, Smp It At-Tahdzib Tirtomoyo Wonogiri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Tauhid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 11:00
Last Modified: 02 Aug 2022 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum