PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN

Ahmad Sofyan, NIM.: 06420058 (2013) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN)
06420058, File 1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN)
06420058, File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui problem yang dialami siswa kelas VIII dalam keterampilan membaca dan menulis teks bahasa Arab yang meliputi problem linguistik dan non linguistik. 2) Untuk mengetahui solusi guru bahasa Arab dalam menyelesaikan problematika keterampilan membaca dan menulis teks bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok menghadapi problem keterampilan membaca dan menulis teks bahasa Arab. Adapun problem linguistik untuk keterampilan membaca penyebabnya adalah 1) Kurang mengenali bentuk atau tulisan huruf Arab. 2) Belum bisa membaca dengan irama dan intonasi yang tepat. 3) Keterbatasan siswa mengenai pengetahuan tata bahasa atau nahwu sharaf. 4) Siswa mengalami kesulitan dalam hal membaca tanpa syakal. Adapun problem keterampilan menulis adalah: 1) kurang mengenali bentuk dan tulisan Arab. 2) kesulitan dalam merangkai atau menyambung huruf Arab. 3) siswa kesulitan dalam imla’ atau menulis Arab dengan dikte. Problem non linguistik adalah: 1) siswa antara lain: latar belakang pendidikan siswa yang heterogen, kurangnya motivasi dan minat siswa kelas VIII, kurangnya perhatian siswa. 2) guruantara lain: kurang mampu mengembangkan teknik atau cara penyajian materi, pengelolaan kelas yang kurang kondusif, guru kurang jelas dalam menyampaikan materi pelajaran. 3) tidak adanya fasilitas pendukung seperti OHP, laboratorium bahasa dan kurang buku paket bahasa Arab. 4) kurangnya perhatian dari orang tua siswa dalam kegiatan belajar di rumah. Adapun solusi dari pihak guru dalam adalah: 1) Dalam proses belajar mengajar diperbanyak menggunakan metode drill. 2) Pembinaan BTQ yang diadakan di setiap pagi hari sebelum dimulai jam Pelajaran. 3) Siswa diberi pekerjaan rumah (PR) secukupnya dan menghafal mufradat-mufradat bersama artinya, yang sudah dipelajari dengan baik dan benar. 4) guru menumbuhkan motivasi siswa dengan cara guru selalu menjelaskan bahwa belajar bahasa Arab atau menulis itu penting bagi mereka kelak. 5) guru menekankan dalam menghafal kosakata dan setiap pelajaran selalu untuk menulis agar melatih siswa dalam menulis teks bahasa Arab dengan baik dan benar.6) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran yang sudah selesai diajarkan yang sulit dipahami siswa.. 7) mendorong siswa agar tidak menganggap belajar bahasa Arab atau menulis sebagai beban. 8) guru memberi penjelasan secara mendalam kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab atau menulis.Sedangkandaripihaksekolahadalah 1) menyediakan fasilitas yang cukup untuk mencapai keberhasilan serta menunjang dan memudahkan siswa serta guru dalam proses pembelajaran, dengan cara menambahkan buku-buku pelajaran bahasa Arab dan LKS, agar siswa lebih semangat untuk belajar bahasa Arab. 2) menganjurkan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran dalam keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M. SI
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Membaca dan Menulis Bahasa Arab, Problematika Membaca dan menulis Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Aug 2022 11:19
Last Modified: 03 Aug 2022 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum