METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA

Evi Rina Fidiyanti, NIM.: 09470153 (2013) METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA)
09470153 File 1.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA)
09470153 File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Yang menjadi latar belakang dalam penelitian yang peneliti lakukan adalah suatu problem permasalahan bagaimana seorang guru dapat membentuk karakter anak didik menjadi Religius, Disiplin, Mandiri dan Tanggung Jawab, melalui suatu kebiasaan yang diajarkan di sekolah. Peneliti menarik sebuah rumusan masalah yang diantaranya: 1) Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembiasaan? 3) Apa hasil yang dicapai dalam pelaksanaan metode pembiasaan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, serta Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Iplementasi metode pembiasaan dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah Pakel sangat baik atau dapat dikatakan bisa menunjang dalam pembentukan jati diri seorang anak. Jadi dari pembiasaan yang diterapkan benar-benar tepat dalam upaya pembentukan karakter. Dan iplementasinya dilapangan sangat baik karena para guru juga selalau antusias dalam mengarahkan para siswa dalam melaksanakan pembiasaan di sekolah, serta para karyawan pun ikut mensuport dalam pelaksanaan pendidikan karater. Dari 20 karakter peneliti mengambil 4 karakter yang benarbenar ada disekolah yaitu berupa karakter religious,disiplin, mandiri dan tanggung jawab (2) Faktor pendukung dalam berjalannya metode pembiasaan untuk pembentukan karakter diantaranya: Adanya kerjasama antara orang tua dan guru yang dapat berperan aktif. Dukungan dari orang tua. Kemampuan dan keaktifan guru dalam penggunaan metode pembiasaan. Mempunyai niat untuk belajar di sekolah yang siswa sukai. Fasilitas yang telah tersedia. Faktor penghambat dalam berjalannya metode pembiasaan untuk pembentukan karakter diantaranya: Pembiasaan yang tidak kontinyu akan menjadikan kebiasaan itu hilang. Perbedaan lingkungan bermain. Siswa yang nakal dan perlu diarahkan. Kurangnya sarana dan prasarana. (3) Hasil yang dicapai dari pembiasaan dalam pembentukan karakter siswa yaitu sangat memuaskan seperti yang dikatakan oleh para guru dari adanya tata tertib siswa menjadi lebih disiplin dan bertanggungjawab, dan hasil yang diperoleh oleh para orang tua juga megemukakan bahwa anaknya dirumah menjadi lebih rajin serta labih baik, salah satu contohnya anak lebih mandiri serta rajin beribadah tanpa harus diperintah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.SI,
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Pembentukan Karakter, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Aug 2022 11:40
Last Modified: 03 Aug 2022 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum