BIMBINGAN KREATIVITAS ANAK DALAM BERMAIN BALOK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA

Amelia Nurbaiti Saputri, NIM.: 09220057 (2013) BIMBINGAN KREATIVITAS ANAK DALAM BERMAIN BALOK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KREATIVITAS ANAK DALAM BERMAIN BALOK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)
Amelia Nurbaiti Saputri 09220057 -File 1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KREATIVITAS ANAK DALAM BERMAIN BALOK DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)
Amelia Nurbaiti Saputri 09220057 - file 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini akan menjawab dua masalah yakni pertama, bagaimana bimbingan bermain balok di TK Plus Islam Mutiara dapat menimbulkan kreativitas anak? Kedua, apa saja yang menjadi faktor keberhasilan anak dalam bermain balok di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta? Penelitian ini jika dilihat dari jenisnya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan dari sifatnya adalah penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan informasi tentang penelitian ini, peneliti menggunakan langkah perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing), dan refleksi (reflecting). Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kreativitas anak dalam bermain balok dapat berkembang dengan ditunjukan hasil peningkatan kreativitas siswa, yakni dari jumlah siswa 19 orang menunjukan hasil pada Siklus I dan II dengan skenario perbaikan Rencana Kegiatan Harian (RKH) 1 sampai 10. Berdasarkan pada penelitian ini, analisis tersebut pada siklus II RKH 10 telah mencapai standar minimal dari 70 %, yakni mencapai 89,5 % anak dapat mengerjakan dengan benar dan mampu berkreasi lebih. Pada proses evaluasi yang dilakukan guru dalam proses bimbingan untuk meningkatkan kreativitas anak berhasil dicapai dengan berdasarkan pada indikator yang ditinjau dari rumusan teori. Hasil dari indikator tersebut dilaksanakan dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh anak, anak dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, anak dapat meningkatkan kemampuan mengelola gerakan tubuh dan koordinasi dengan teman, dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr Nurul Hak. M, Hum.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pembelajaran, Kreativitas Anak, Bermain Balok
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Aug 2022 10:07
Last Modified: 04 Aug 2022 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum