OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK YPKK 3 SLEMAN)

Siti Asiyah, NIM.: 17104090040 (2022) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK YPKK 3 SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK YPKK 3 SLEMAN))
17104090040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI SMK YPKK 3 SLEMAN))
17104090040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu instrumen penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, guna mengoptimalkan sarana dan prasarana perlu pengelolaan yang baik. Meningkatnya kualitas pembelajaran tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan kondisi sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman, menguraikan strategi optimalisasi manajemen sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman, menguraikan hasil mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman serta menguraikan faktor internal dan eksternal terkait pengelolaan sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, setelah semuanya terkumpul dilanjutkan dengan langkah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, kondisi sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman cukup terpenuhi dengan baik dan memadai, hal tersebut dapat dilihat dari adanya fasilitas yang cukup lengkap. Kedua, SMK YPKK 3 Sleman adanya strategi pengoptimalisasian manajemen sarana dan prasarana, hal ini dikarenakan terdapat kekurangan terhadap sarana dan prasarana sekolah, yaitu lahan sekolah, ruang kelas, tempat penyimpanan peralatan dan pemakaian kembali. Serta sekolah menggunakan tujuh tahapan dalam pengelolaan yaitu melakukan perencanaan, pengadaan, pendistribusian, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan dalam mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana. ketiga, hasil optimalisasi manajemen sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman yaitu belum optimalnya kondisi dan pengelolaan (manajemen) sarana dan prasarana akan tetapi cukup terpenuhi akan kebutuhan sekolah. Hal ini dapat dilihat, terdapat beberapa fasilitas sekolah yang perlu diperbarui dan pembenahan terhadap pengelolaan sarana dan prasarana. serta meningkatnya kualitas pembelajaran siswa baik dari akademik atau nonakademik, dapat dilihat dari beberapa pencapaian-pencapaian peserta didik, keempat, faktor internal pada pengelolaan sarana dan prasarana di SMK YPKK 3 Sleman yaitu faktor keuangan sekolah, faktor pemeliharaan dan penyimpanan peralatan serta faktor sumberdaya manusia internal sedangkan faktor eksternal yaitu faktor sumberdaya manusia eksternal dan faktor lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi M.Ag
Uncontrolled Keywords: tenaga kependidikan; keuangan sekolah; SDM; kualitas pembelajaran;
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2022 09:46
Last Modified: 04 Aug 2022 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum