PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS

Riza Wahyu Kurnia, NIM.: 15600031 (2022) PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS)
15600031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ROLE PLAYING GAME (RPG) BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS)
15600031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan pengguna perangkat mobile yang pesat membuka peluang pemanfaatannya untuk digunakan sebagai media pembelajaran guna membantu memabantu mengatasi permasalahan pendidikan. Permasalahan seperti pemahaman konsep siswa yang masih kurang terkait materi balok dan kubus. Game menjadi salah satu kategori aplikasi perangkat mobile yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam bentuk game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi dengan jenis Role Playing Game (RPG) sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Game edukasi ini memuat materi luas permukaan dan volume bangun ruang balok dan kubus. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Tahap ADDIE meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kriteria ketercapaian kualitas game edukasi yang dihasilkan adalah ketika mendapat kriteria minimal baik setelah melalu proses pengujian dari ahli. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi game edukasi dengan nama “Ruang Baku” yang digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Game edukasi ini telah melewati pengujian dari 2 orang ahli materi yang mendapatkan persentasi tingkat pencapaian rata-rata 90% (sangat baik) dan pengujian dari 2 orang ahli media yang mendapatkan tingkat pencapaian rata-rata 91% (sangat baik). Tingkat pencapaian pada indikator memfasilitasi pemahaman konsep diperoleh sebesar 93% (sangat baik) dari ahli materi sehingga dinilai dapat memfasilitasi pemahaman konsep dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukan aplikasi “Ruang Baku” berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: android; OS (operating system); game edukasi; role playing game
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2022 10:14
Last Modified: 04 Aug 2022 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum