PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KESIAPAN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA SUNAN PANDANARAN

Mita Fatikhatussyifa, NIM.: 17104090063 (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KESIAPAN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA SUNAN PANDANARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KESIAPAN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA SUNAN PANDANARAN)
17104090063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KESIAPAN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA SUNAN PANDANARAN)
17104090063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan dan sejauh mana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kesiapan guru (X2) terhadap efektivitas pembelajaran daring (Y). Penelitian ini didasarkan pada teori kepemimpinan kepala sekolah Mulyasa dan teori kesiapan guru dari Korth. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 104 pengajar, penelitian ini dilakukan di MA Sunan Pandanaran. Berdasarkan pada rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 83 pengajar (80% dari populasi). Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan random sampling dikombinasikan dengan metodologi probability sampling. Kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kesiapan guru (X2) merupakan variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan efektivitas pembelajaran daring merupakan variabel dependen (Y). Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan informasi. Dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Sciences), pendekatan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Uji korelasi bivariat didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.878 dan nilai signifikansi 0.000 < α = 0.05 antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran daring. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang positif pada efektivitas pembelajaran daringpada kategori yang sangat kuat. Sedangkan menurut hasil uji korelasi parsial pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap efektivitas pembelajaran daring (Y) dimediasi oleh kesiapan guru (X2) memperoleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0.555, dan tingkat signifikansi adalah 0.000< α = 0.05. Perbandingan koefisien korelasi bivariat dengan koefisien korelasi parsial ialah ryx> ryxz = 0.878 > 0.555. Karena mediasi variabel kesiapan guru (X2) maka variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) tidak berhubungan langsung dengan variabel efektivitas pembelajaran daring (Y). Selain itu, analisis regresi linier berganda menghasilkan R2 sebesar 0.809. Artinya, variabilitas efektivitas pembelajaran daring mampu diterangkan oleh variabilitas kepemimpinan kepala sekolah dan kesiapan guru sebesar 80.9%. Sementara itu, sebesar 19.1% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. Persamaan regresi adalah Y = 8.205 + 0.614X1 + 0.634X2. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X1 memberikan kontribusi sebesar 61.4% terhadap variabel Y, sedangkan variabel X2 memberikan kontribusi sebesar 63.4% terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rinduan Zain, S. Ag., MA
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring; kepemimpinan kepala sekolah; kesiapan guru
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2022 10:25
Last Modified: 04 Aug 2022 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum