MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Mafa Aulia, NIM.: 17104090065 (2022) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
17104090065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
17104090065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan yang biasanya pengelolaan dilakukan utuh dan keseluruhan secara face to face namun dikarenakan pandemi Covid-19 yang sedang terjadi maka lembaga pendidikan tersebut tidak melakukan pengelolaan seperti biasanya (sebelum terjadi pandemi Covid-19). Akan tetapi, dituntut agar dapat tetap meningkatkan mutu pendidikan sehingga mampu memberikan pelayanan yang memuaskan untuk peserta didik, orangtua maupun masyarakat luas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan dari manajemen strategik itu sendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun objek dalam penelitian ini adalah MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta terkait tentang manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Teknik pengumpulan data ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan transcribe yaitu mengetik data yang dari lapangan dengan apa adanya, coding berupa memberikan label berdasarkan variabel atau tema, kemudian grouping yaitu mengelompokan pertanyaan dan jawaban hasil dari wawancara maupun observasi pertema yang sudah dilakukan pada tahap coding, dan yang terakhir menarasikan persamaan dan perbedaan berdasarkan jawaban dari masing-masing responden yang biasa disebut comparing dan contrasting. Adapun untuk mengukur keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, berupa tahapan perumusan strategik, kedua tahapan implementasi strategik, ketiga evaluasi strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dengan baik dan efektif. Hal tersebut ditandai dengan kesesuaian penerapan manajemen strategik dengan standar nasional pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai penjamin mutu pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: kinerja; periodisasi kepemimpinan; manajemen strategik; mutu pendidikan; pandemi Covid-19
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2022 13:21
Last Modified: 04 Aug 2022 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum