IMPLEMENTASI PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Eko Fahmi Mubarroq, NIM.: 17104090073 (2022) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM)
17104090073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM)
17104090073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berlatar belakang untuk menilik kembali implementasi pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Metodologi Penelitian program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Banyak penelitian mengenai Youtube namun objek yang diteliti merupakan jenjang sekolah dasar yang tentunya masih belum terlalu mengenal karakteristik Youtube yang tidak ada filter umur di dalamnya adapun penelitian lain hanya menunjukan Youtube sebagai referensi belajar yang mana channel yang ditunjuk merupakan channel orang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai implementasi pembelajaran dengan diformulasikan antara perkuliahan Metodologi Penelitian dengan Youtube. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik purpose sampling dan non probability sampling sebagai teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel, dengan jumlah sampel tujuh orang yang terdiri dari satu orang sebagai pemilik channel, dua orang sebagai tim media, dan empat orang sebagai mahasiswa. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu: transcript, coding, grouping, comparing and contrasting. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian yang didapat, Youtube sebagai media baru dengan digitalisasi perkuliahan hal ini salah satu perkembangan belajar dari konvensional menuju mordern. selain itu, Youtube miliki karakteristik jangkauan dan keterhubungan yang luas, interaktivitas, berlangganan (subscribe). Adapun pemanfaatan Youtube sebagai media belajar digunakan untuk memperjelas topik materi, membantu memahami topik materi, mengatasi keterbatasan waktu, meningkatkan motivasi belajar, dapat menyamakan pengalaman belajar dan persepsi. Sebagai implementasi pemanfaatan dari Youtube sebagai media belajar dibuatlah channel bernama Mister Metopen yang bertujuan untuk menjadi wadah semua topik materi yang ada dalam perkuliahan metodologi penelitian dalam bentuk video. Sebagai media pembelajaran, Youtube juga memiliki kekurangan dan kelebihan dalam pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Sumarsono, S.T., M.Kom.,
Uncontrolled Keywords: new media; media belajar; sumber belajar; youtube
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2022 14:10
Last Modified: 04 Aug 2022 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum