PEMBELAJARAN FIQIH DI SD QURROTA A’YUN (FULLDAY SCHOOL) BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

WIWIN LESTARI - NIM. 06410152 , (2011) PEMBELAJARAN FIQIH DI SD QURROTA A’YUN (FULLDAY SCHOOL) BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FIQIH DI SD QURROTA A’YUN (FULLDAY SCHOOL) BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FIQIH DI SD QURROTA A’YUN (FULLDAY SCHOOL) BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fiqih kelas V yang terkait dengan persiapan, pelaksanaan serta evaluasi di SD Qurrota A'yun (Fullday School) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran fiqih kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam hal ini, penelitian dilaksanakan di kelas V SD Qurrota A'yun (Fullday School) Babadan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian ini diperoleh dari beberapa siswa kelas V dan guru fiqih kelas V SD Qurrota A'yun. Analisis yang digunakan adalah analisis data non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih di kelas V kurang efektif. Ada dua faktor yang penulis tangkap sebagai hal yang berpengaruh pada pelaksanaan pembelajaran, yakni yang pertama adalah faktor kedisiplinan dari guru pengampu mata pelajaran fiqih dalam pembuatan RPP. Kemudian faktor kedua ialah dalam pemilihan metode yang digunakan oleh guru pada pelaksanaan pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan oleh guru pengampu adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, dimana tidak adanya strategi tambahan di dalam kegiatan pembelajaran. Ini dapat berdampak pada semangat peserta didik yang akan cepat merasa bosan dan jenuh, karena kurang adanya inovasi dan kreatifitas dari guru untuk menyegarkan suasana kelas. Evaluasi yang digunakan guru adalah evaluasi formatif dan sumatif,evaluasi formatif yang dilakukan guru sudah memenuhi standar nilai yang ditetapkan guru karena setiapkali pertemuan guru bisa langsung menilai dan peserta didik memiliki nilai rata-rata bagus yaitu di atas standar yang ditetapkan guru pada ulangan harian serta PR (tugas) yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran fiqih dan maksimal pula pada evaluasi sumatif. Dan dalam pembelajaran fiqih ada faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Berdasarkan penelitian dilapangan dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik, pihak sekolah terus berusaha meningkatkan kualitas para guru dalam hal ilmu, administrasi dan kinerja serta mampu menjadikan belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Fiqih , Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Mar 2013 15:41
Last Modified: 13 Mar 2013 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum