APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN ARANG AKTIF KAYU MAHONI UNTUK MENURUNKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT MANGAN (MN) PADA LIMBAH CAIR PERCETAKAN

Yustika Agustina, NIM.: 17106030022 (2022) APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN ARANG AKTIF KAYU MAHONI UNTUK MENURUNKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT MANGAN (MN) PADA LIMBAH CAIR PERCETAKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN ARANG AKTIF KAYU MAHONI UNTUK MENURUNKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT MANGAN (MN) PADA LIMBAH CAIR PERCETAKAN)
17106030022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI MEMBRAN FILTER KERAMIK DENGAN PENAMBAHAN ARANG AKTIF KAYU MAHONI UNTUK MENURUNKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT MANGAN (MN) PADA LIMBAH CAIR PERCETAKAN)
17106030022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai aplikasi membran filter keramik dengan penambahan arang aktif kayu mahoni untuk menurunkan kandungan logam berat mangan (Mn) pada limbah cair percetakan telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan limbah cair percetakan dengan menurunkan kandungan logam berat mangan (Mn) menggunakan membran filter keramik. Membran filter keramik yang digunakan berbahan dasar tanah liat dengan penambahan variasi komposisi arang aktif kayu mahoni sebanyak 0, 5, 10, 15, 20 dan 25%. Kemudian masing-masing membran filter keramik diuji porositasnya untuk mengetahui persentase volume pori totalnya. Masing-masing membran filter keramik digunakan untuk proses filtrasi limbah cair laboratorium yang mengandung logam berat mangan (Mn) dan diuji dengan AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer). Penurunan kandungan logam berat mangan (Mn) pada setiap membran filter keramik sebelum dan setelah penambahan arang aktif kayu mahoni tidak jauh berbeda.Membran keramik tanpa penambahan arang aktif dapat menurunkan kandungan logam berat sebesar 87,19 %, sedangkan dengan penambahan arang aktif 5, 10, 15, 20, dan 25% masing-masing sebesar 87,38; 88,09; 93,59; 93,46; dan 93,25 %. Terjadi kenaikan secara signifikan pada penambahan arang aktif sebesar 15% dengan penurunan sebesar 93,59%, sehingga membran filter keramik dengan komposisi tanah liat dan 15% arang aktif kayu mahoni paling optimum dalam menurunkan kandungan logam berat mangan (Mn). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode filtrasi menggunakan membran filter keramik dengan penambahan arang aktif kayu mahoni efektif dalam menurunkan kandungan logam berat mangan (Mn) pada limbah cair percetakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: filtrasi, arang aktif kayu mahoni, membran filter, limbah cair percetakan
Subjects: Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 15:31
Last Modified: 30 Sep 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum