MODEL MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN SHARAF PADA KELAS I MARHALAH I MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

TUTIK HERMAWATI - NIM. 06420003 , (2011) MODEL MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN SHARAF PADA KELAS I MARHALAH I MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI PRENGGAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model memorization dalam pembelajaran sharaf pada kelas I Marhalah I Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Prenggan Kotagede Yogyakarta dan faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Pondok Pesantren Nurul Ummah Prenggan Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model memorization dalam pembelajaran sharaf yang diterapkan pada kelas I Marhalah I Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Prenggan Kotagede Yogyakarta adalah dengan menggunakan mnemonik berupa kata kunci (key word) dan mengulangi hafalan (active recall dan review). Dalam pelaksanaannya, tujuan pembelajaran sharaf di sini adalah agar para siswa dapat mengaplikasikan tashrif ketika praktik membaca kitab dan menyusun kalimat berbahasa Arab dengan baik dan benar. Dimana pembelajaran tersebut menggunakan sistem nadzariyatul furu'. Isi atau materi pelajaran adalah tashrif lughawy yang mencakup ad-doma'ir al-munfasilah (mahal rafa' dan nasab) dan ad-doma'ir al-mutasilah (bi harfi jar, bil ismi dan bi inna). Alat belajar terdiri dari white board, spidol dan buku tulis. Sumber belajar diambil dari kitab maqoy amp;#299;s at-tashr amp;#299;f karya Drs. Noor Hadi yang berisi wazan, mauzun dan latihan-latihan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode asosiasi berpasangan pada setiap pertemuan, menyetorkan hafalan setelah selesai satu bab, serta pada saat tamrin dan imtihan secara tertulis dengan metode recall (berupa essai) dan recognisi (berupa multiple choice) dan secara lisan (qiro'at al-kitab). Dalam kasus ini, model memorization dalam pembelajaran sharaf yang diterapkan pada kelas I Marhalah I Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Prenggan Kotagede Yogyakarta mampu merangsang dan membangkitkan minat belajar siswa dalam pelajaran sharaf. Adapun faktor pendukungnya, yaitu sumber belajar yang tidak terbatas, tepatnya metode yang digunakan dan adanya motivasi yang baik dari para siswanya. Selain itu beberapa faktor penghambat seperti sulitnya menghafal (disebabkan oleh stress, kurang tidur dan kurangnya perhatian saat pelajaran berlangsung), kurangnya jam pelajaran atau waktu dalam belajar sharaf dan kurangnya sarana dan prasarana. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Memorization , Pembelajaran Sharaf
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum