PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA

TRI SETIAWAN ISA - NIM. 04471179, (2011) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kepala madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs N Sleman Kota Yogyakarta.sehingga tujuan dari penelitian ini adalah : ( 1) mengungkap permasalahan apa saja yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI (2) serta cara penyelesaian masalahnya di MTs N Sleman Kota yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs N Sleman Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (a) Latar belakang pendidikan guru di MTs N Sleman Kota sangatlah begitu memuaskan,karena masing-masing guru mempunyai ciri khas yang begitu sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ampu, dari latar belakang pendidikan masing-masing guru di MTs Sleman kota sangat begitu sesuai karena dari biodata yang saya peroleh sudah sangat pas dengan mata pelajaran yang mereka ( Guru ) ampu. (b) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik guru, kepala madrasah mempunyai peranan yang sangat besar. (c) Bentuk penilaian kompetensi pedagogik guru PAI di MTs N Sleman Kota. Terdapat berbagai model instrumen yang dapat dipakai dalam penilaian kinerja guru. Namun demikian, ada dua model yang paling sesuai dan dapat digunakan sebagai instrumen utama, yaitu skala penilaian dan (lembar) observasi. Skala penilaian mengukur penampilan atau perilaku orang lain (individu) melalui pernyataan perilaku dalam suatu kontinum atau kategori yang memiliki makna atau nilai. (d) Permasalahan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru dan cara penyelesaiannya. Suatu pekerjaan yang dilakukan sudah tentu memiliki kendala-kendala yang harus dihadapi. Semuanya akan berjalan dengan lancar jika cara pemecahannya dapat menyentuh inti permasalahan dengan tepat. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang telah menjadi tugas kepala madrasah tentunya memerlukan fasilitas serta sarana guna menunjang terhadap tugasnya tersebut. Kekurangan sarana dan prasarana tidaklah menjadikan kepala madrasah menjadi pesimis terhadap keberhasilan pembinaan kompetensi pedagogik guru PAI akan tetapi sebaliknya menjadi optimis dengan manfaat semua fasilitas yang tersedia. Secara umum hambatan yang dihadapi dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs Negeri Sleman Kota. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Jamroh Latif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah , Motivasi, Sukses
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum