MODEL ANTRIAN KENDALL-LEE M-M-1 (STUDI KASUS: ANTRIAN PEMBELIAN TIKET KERETA KALIGUNG JURUSAN SEMARANG TEGAL DI STASIUN PONCOL SEMARANG)

LUKMAN SURYANI - NIM. 05610019, (2011) MODEL ANTRIAN KENDALL-LEE M-M-1 (STUDI KASUS: ANTRIAN PEMBELIAN TIKET KERETA KALIGUNG JURUSAN SEMARANG TEGAL DI STASIUN PONCOL SEMARANG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL ANTRIAN KENDALL-LEE M/M/1 (Studi Kasus: Antrian Pembelian Tiket Kereta Kaligung Jurusan Semarang-Tegal di Stasiun Poncol Semarang))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img] Text (MODEL ANTRIAN KENDALL-LEE M/M/1 (Studi Kasus: Antrian Pembelian Tiket Kereta Kaligung Jurusan Semarang-Tegal di Stasiun Poncol Semarang))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)

Abstract

Banyak terdapat model antrian yang digunakan untuk menyelesaikan masalah antrian diantaranya adalah model antrian dengan jumlah server tunggal tetapi kapasitas sistem tidak dibatasi (M /M /1) , model antrian dengan jumlah server tunggal tetapi kapasitas sistem dibatasi (M /M /1/ N), model antrian dengan jumlah server k tetapi kapasitas sistem tidak dibatasi (M /M / k), dan model antrian dengan jumlah server k tetapi kapasitas sistem dibatasi (M /M / k / N). Dalam skripsi ini, penulis membatasi hanya untuk mambahas salah satu dari model antrian Kendall-Lee yaitu model M /M /1, yang artinya suatu model antrian dimana pola kedatangan berdistribusi Poisson, waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial, dan jumlah server tunggal. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisa dari model sistem antrian Kendall-Lee M /M /1 dan menentukan ukuran keefektifan sistem antrian M /M /1 yang diterapkan pada suatu antrian di loket pembelian tiket kereta kaligung jurusan Semarang-Tegal di Stasion Poncol Semarang. Ukuran keefektifan suatu sistem antrian Kendall-Lee M /M /1 meliputi ekspektasi jumlah pelanggan dalam antrian (Lq), ekspektasi jumlah pelanggan dalam sistem (Ls), ekspektasi waktu menunggu dalam antrian (Wq), ekspektasi waktu menunggu dalam sistem (Ws), dan ekspektasi waktu kosong pelayanan (X ) . Sistem antrian efektif jika waktu tunggu pelanggan dalam sistem maupun antrian tidak terlalu lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nikenasih Binatari, M.Si. 2. Sugiyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: model antrian, Kendall-Lee, model M /M /1
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Feb 2013 18:12
Last Modified: 09 Dec 2016 16:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum