PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN SUHU DAN PENGUKURAN

ZULIS TIYOWATI - NIM. 04461103, (2011) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN SUHU DAN PENGUKURAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN SUHU DAN PENGUKURAN)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN SUHU DAN PENGUKURAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan subyek siswa kelas VII D, materi suhu dan pengukuran semester I tahun pelajaran 2009/2010. Metodologi yang digunakan dalam pembelajaran adalah developmental research, dengan model 4-D, yang meliputi proses define, design, develop dan disseminate. Pengambilan data aktivitas diperoleh melalui lembar observasi siswa, data peningkatan prestasi belajar siswa diperoleh melalui pretes dan postes dan angket tanggapan siswa dengan jumlah subyek penelitian 39 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan persentase. Hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas siswa pada uji coba I sebesar 64,01% dengan kategori tinggi dan pada uji coba II sebesar 87,94% dengan kategori sangat tinggi. Besarnya peningkatan persentase aktivitas siswa dari uji coba I ke uji coba II yaitu 23,93%. Hasil nilai rata-rata pretes uji coba I yaitu 4,61 dengan persentase skor 6,5 sebesar 12,82% termasuk kategori sangat rendah dan nilai rata-rata postes uji coba I yaitu 5,85 dengan persentase skor 6,5 sebesar 41,03% termasuk kategori rendah. Besarnya peningkatan prestasi pada uji coba I sebesar 1,24. Hasil nilai rata-rata pretes uji coba II yaitu 5,2 dengan persentase skor 6,5 sebesar 17,95% termasuk kategori sangat rendah dan nilai rata-rata postes uji coba II yaitu 7,59 dengan persentase skor 6,5 sebesar 94,87% termasuk kategori sangat tinggi. Peningkatan prestasi pada uji coba II sebesar 2,39.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yusman Wiyatmo, M.Si,
Uncontrolled Keywords: team game tournament, aktivitas siswa, prestasi siswa
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 03 Jun 2013 22:17
Last Modified: 08 Dec 2016 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum