KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERSPEKTIF IMAM al-GHAZALI

Fathur Rohman Arifin, NIM.: 08470045 (2012) KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERSPEKTIF IMAM al-GHAZALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERSPEKTIF IMAM al-GHAZALI)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DAN METODE PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PERSPEKTIF IMAM al-GHAZALI)
B5N0AT~L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep dan metode dari perspektif Imam al-Ghazali tentang pendidikan akhlak anak dalam lingkungan keluarga. Kegunaan penelitian diharapkan dapat memperkaya konsepkonsep tentang pendidikan akhlak anak yang dapat dijadikan masukan bagi para pendidik anak terutama dalam keluarga, yakni orang tua. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan akhlak terhadap anak saat ini merupakan hal terpenting yang perlu dilaksanakan oleh para pendidik akhlak, terutama yang ada dalam lingkungan keluarga yakni para orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan histories. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tentang konsep pendidikan akhlak anak dalam lingkungan keluarga menurut Imam al-Ghazali. Imam al- Ghazali yang sebagai seorang filosof dan tokoh pendidikan mempunyai perhatian khusus terhadap pendidikan akhlak anak, menurut al-Ghazali, harus ada konsep yang jelas mengenai pendidikan akhlak bagi seorang anak agar memiliki akhlak yang baik. (2) mendeskripsikan tentang konsep pendidikan akhlak anak dalam lingkungan keluarga menurut Imam al-Ghazali. Konsep Pendidikan akhlak anak dalam lingkungan keluarga menurut imam al-Ghazali dituangkan dalam beberapa ruang lingkup pendidikan akhlak, antara lain akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap orang tua, dan akhlak terhadapa diri sendiri, dan akhlak terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat beberapa konsep dan metode dalam mendidik anak dalam lingkungan keluarga yang dikemukakan oleh Imam al-Ghazali. Pendidikan akhlak anak dalam keluarga salah satunya adalah dengan metode cerita (hikayat) dan keteladanan (uswah al hasanah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, al-Ghazali., Akhlak Anak
Subjects: Akhlak - Etika
Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:08
Last Modified: 14 Nov 2022 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum