PENGARUH CURRENT RATIO DAN RECEIVABLE TURNOVER TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI KJKS UMBUL SEJAHTERA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2010

Umi Hidayah, NIM.: 07390111 (2011) PENGARUH CURRENT RATIO DAN RECEIVABLE TURNOVER TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI KJKS UMBUL SEJAHTERA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CURRENT RATIO DAN RECEIVABLE TURNOVER TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI KJKS UMBUL SEJAHTERA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2010)
B7D04C~X.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CURRENT RATIO DAN RECEIVABLE TURNOVER TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI KJKS UMBUL SEJAHTERA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2010)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Koperasi memerlukan pencatatan dan pembukuan tentang transaksitransaksi atau kejadian yang berhubungan dengan kegiatan koperasi sebagai bahan pertanggungjawaban terhadap para anggota, kreditur, bank dan pihak lain. Analisa rasio keuangan adalah alat untuk mengukur prestasi serta derajat keuntungan koperasi dengan menghubungkan antar pos-pos dalam neraca atau laporan rugi laba atau kombinasi keduanya. Koperasi sebagai suatu badan usaha meskipun tidak berorientasi mencari keuntungan semata akan tetapi usaha-usaha yang dikelola harus tetap memperoleh penghasilan yang layak dalam menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kemampuan usaha. Demikian halnya KJKS Umbul Sejahtera Yogyakarta setiap usaha yang dijalankan harus senantiasa dapat bertujuan untuk memperoleh SHU yang wajar. SHU yang besar belum merupakan ukuran koperasi telah bekerja secara efisien. Efisien baru dapat diketahui dengan membandingkan SHU dengan modal yang menghasilkan SHU tersebut dengan kata lain menghitung rentabilitasnya. Rentabiliats adalah kemampuan koperasi menghasilkan laba. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah apakah rasio likuiditas (current ratio), dan rasio aktivitas (receivable turover) berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Variabel yang diukur yaitu current ratio dan receivable turnover serta Rentabilitas sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diolah lebih lanjut. Tehnik analisa data menggunakan regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan analisis variabel. Pengujian hipotesis menggunakan F-test dan t-test dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial yang menggunakan tingkat signifikan sebesar 5%, current ratio diperoleh nilai sig. 0.762. Karena nilai sig. 0.762 > 0,05 maka current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas ekonomi pada KJKS Umbul dan pada recevable turnover diperoleh nilai sig. 0,000, karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka receivable turnover berpengaruh positif signifikan terhadap rentabilitas ekonomi pada KJKS Umbul Sejahtera. Hasil uji F diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan current ratio dan recevable turnover terhadap rentabilitas ekonomi. Berdasarkan hasil perhitungan uji determinasi, besarnya koefisien determinasi atau adjusted R2 adalah 0,463 hal ini berarti 46,3% variabel rentabilitas dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yang terdiri current ratio dan recevable turnover. Sedangkan sisanya (100% - 46,3% = 53,7%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Oizam. S.E.. M.Si.. Akt dan Sunaryati, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rentabilitas
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:56
Last Modified: 22 Nov 2022 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum