PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2006-2010

Umi Munawaroh, NIM.: 06390061 (2012) PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2006-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2006-2010)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN YANG MASUK DALAM KELOMPOK DAFTAR EFEK SYARIAH PERIODE 2006-2010)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Earning Per Share (EPS) atau laba per lembar saham merupakan ukuran profitabilitas perusahaan yang menjadi dasar penetapan tujuan perusahaan yang digunakan untuk mengukur tingkat laba berdasarkan saham yang dimiliki. Informasi mengenai EPS dapat digunakan manajer perusahaan untuk menentukan besarnya laba yang akan dibagikan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu mempertahankan tingkat EPS sehingga dibutuhkan kejelasan mengenai faktorfaktor tersebut. Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh CR, TATO, DER, dan ROI terhadap earning per share pada perusahaan perdagangan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Variabel independen dari penelitian ini adalah CR, TATO, DER, dan ROI, yang termasuk dalam empat kategori likuiditas, aktivitas, leverage, dan profitabilitas sedangkan variabel dependennya adalah earning per share. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan CR, TATO, DER, dan ROI mempunyai pengaruh terhadap earning per share. Namun secara parsial rasio keuangan yang berpengaruh terhadap earning per share yaitu CR. Hal ini dikarenakan tingginya current ratio berarti perusahaan telah mengoptimalkan aktiva lancarnya sehingga laba yang diperoleh meningkat. Sedangkan TATO, DER dan ROI tidak mempunyai pengaruh terhadap earning per share dikarenakan kinerja perusahaan belum cukup baik dan keuntungan masih rendah sehingga laba juga rendah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sunarsih, SE., M.Si dan M. Ghafur Wibowo, SE, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS), Current Ratio (CR), Total Assets Turn Over (TATO), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Investment (ROI)
Subjects: Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:59
Last Modified: 22 Nov 2022 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum