KONSEP OPTIMISME DALAM BUKU LA TAKHAF WALA TAIAS KARYA IMAM MUSBIKIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

Syukron Nawawi, NIM.: 06410068 (2012) KONSEP OPTIMISME DALAM BUKU LA TAKHAF WALA TAIAS KARYA IMAM MUSBIKIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP OPTIMISME DALAM BUKU LA TAKHAF WALA TAIAS KARYA IMAM MUSBIKIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSEP OPTIMISME DALAM BUKU LA TAKHAF WALA TAIAS KARYA IMAM MUSBIKIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis konsep-konsep maupun sikap optimis dalam sebuah karya sastra La Takhaf Wala Taias (Jangan Takut Dan Jangan Putus Asa). Penelitian ini memilih buku La Takhaf Wala Taias (Jangan Takut Dan Jangan Putus Asa) Karya Imam Musbikin yang di asumsikan mempunyai konsep dan sikap optimis serta motivasi dalam belajar. Fokus penelitian ini ingin mengungkapkan Konsep Optimisme Dalam Buku La Takhaf Wala Taias (Jangan Takut Dan Jangan Putus Asa) Karya Imam Musbikin Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Dalam Perspektif Pendidikan Islam). Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan kelangsungan belajar dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan(library research) dengan mengambil teks-teks dari buku La Takhaf Wala Taias (Jangan Takut Dan Jangan Putus Asa) Karya Imam Musbikin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang ada. Metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis isi (content analysis) yaitu dengan menjelaskan arti dan maksud dari dokumen yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau konsep-konsep optimisme yang terdapat dalam buku La Takhaf Wala Taias (Jangan Takut Dan Jangan Putus Asa) kemudian mengaplikasikannya terhadap motivasi belajar siswa (dalam perspektif pendidikan Islam). Hasil penelitian ini adalah: konsep-konsep optimis dan motivasi antara lain: pertama, jangan putus asa meliputi : bangkit dari kegagalan, empat prinsip kekuatan cara pandang, dan berpikir positif. Kedua, ketika rasa takut menghantui, di dalamnya terdapat beberapa tips agar seseorang ketika dalam keadaan takut dapat menghalau rasa takut tersebut, misal dengan tertawa. Akan tetapi rasa takut dapat dijadikan sebuah motivasi untuk memecahkan hal apa yang telah membuat kita takut. Kemudian yang ketiga, kunci meraih sukses, meliputi : menyukai diri sendiri, dan lima kunci untuk menjadi lebih unggul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman SS M.A
Uncontrolled Keywords: Imam Musbikin, Buku La Takhaf Wala Taias, Optimisme, Motivasi Belajar
Subjects: Islam dan Pemikiran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:19
Last Modified: 28 Nov 2022 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum