PEMIKIRAN AL GHAZALI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB IHYA’ ULUMUDDIN)

Uswatun Chasanah, NIM.: 08410043 (2012) PEMIKIRAN AL GHAZALI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB IHYA’ ULUMUDDIN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN AL GHAZALI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB IHYA’ ULUMUDDIN))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN AL GHAZALI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB IHYA’ ULUMUDDIN))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pendidikan Islam saat ini pada posisi determinisme historik dan realisme. Dalam artian bahwa, satu sisi umat Islam berada pada romantisme historis di mana mereka bangga karena pernah memiliki para pemikir-pemikir dan ilmuwan-ilmuwan besar dan mempunyai kontribusi yang besar pula bagi pembangunan peradaban dan ilmu pengetahuan dunia serta menjadi transmisi bagi khazanah Yunani, namun di sisi lain mereka menghadapi sebuah kenyataan, bahwa pendidikan Islam tidak berdaya dihadapkan kepada realitas masyarakat industri dan teknologi modern. Untuk memahami sistem pendidikan agama Islam yang baik dan benar hendaknya merujuk pada acuan nilai yang mendasarinya yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah supaya terhindar dari kekeliruan.Disamping penelaahan terhadap nilai acuan tersebut, diperlukan acuan lainnya seperti para pemikir pendidikan muslim. Oleh karena itu, pemikiran Imam Al-Ghazali mengenai pendidikan Islam hendaknya dapat dijadikan sandaran bagi pengembangan pendidikan baik pendidikan yang bersendikan agama maupun non agama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuan dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analisis. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini peneliti menganalisis pemikiran Al Ghazali tentang konsep pendidikan Islam dalam kitab Ihya’ Ulumudin. Hasil penelitian ini menunjukkan:(1) tujuan pendidikan Islam menurut Al Ghazali yaitu Tercapainya insan purna yang bertujuan pada pendekatan diri kepada Allah dan insan purna yang bertujuan pada kebahagiaan dunia akhirat.(2) Al Ghazali menyususun isi materi kurikulum berpijak pada klasifikasi ilmu pengetahuan.(3) pendidik merupakan orang yang membimbing dan bertanggung jawab dalam proses perkembangan peserta didik. Maka pendidik harus mempunyai kompetensi pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.(4) peserta didik mempunyai sifat-sifat dan kode etik yang merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan baik dalam proses belajar secara langsung maupun tidak langsung.(5) metode yang digunakan Al ghazali dalam pendidikan agama yaitu menanamkan pokok-pokok agama pada peserta didik sedini mungkin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Sirenggar, M.A
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Al Ghazali, Pendidikan Islam, Pengembangan PAI
Subjects: Islam dan Pemikiran
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 11:46
Last Modified: 28 Nov 2022 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum