KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT NURCHOLISH MADJID (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM)

Auliaurrochman, NIM.: 06410140 (2011) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT NURCHOLISH MADJID (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT NURCHOLISH MADJID (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT NURCHOLISH MADJID (TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Memahami konsep dasar pendidikan Islam tentunya harus memiliki pandangan yang luas dalam pemikiran dan penerapannya. Terlebih sebagai agama yang universal memiliki banyak landasan pemikiran yang kuat, perlu adanya kontemplasi dan pemikiran yang jernih dalam mengkonstruk kembali tatanan landasan pendidikan Islam baik secara filosofis terutama dalam bidang pendidikan. Sebab dewasa ini kurang begitu terimplementasi, baik secara sistem, proses dan evaluasi yang relevan didalamnya. Oleh sebab itu adanya merekonstruksi ulang dasar-dasar pemikiran pendidikan Islam di Indonesia sebagai bentuk perkembangan pendidikan Islam dalam tatanan filosofis dan praksis. Salah seorang tokoh Islam Indonesia yang mempunyai ide, gagasan, konsep dan pola pikir yang progressif bersifat pembaharuan. Nurcholish Madjid mencoba memfomulasikan Islam dengan ilmu pengetahuan agar membumi dan dapat terimplementasi dengan baik sesuai dengan ajaran agama secara universal yang bersifat pembaharuan. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat terealisasi sebagai pendidikan Islam yang berkesesuaian dengan garis filosofis pendirian Islam Indonesia (indegenous). Disimpulkan, bahwa pendidikan Islam yang dikonsepsikan oleh Nurcholish Madjid dari konsep Ketuhanan, Kemanusiaan dan Keadilan memberikan pengertian 1). Dari kompleksitas permasalahan pendidikan yang dibutuhkan (basic needs) maka ketiga asas tersebut mewakili dalam hal landasan pendidikan sebagai tujuan pendidikan, nilai-nilai material dan non-material pembelajaran dan pemerataan masalah basic needs lain dalam penyandangan kebutuhan pendidikan tanpa diferensiasi. 2) Dari ketiga asas tersebut perlu penegasan dalam realisasi sistem pendidikan dengan mengacu sebagai ideologi yang saling berhubungan (ideology of sircularisme). Sebab untuk menjawab kegelisahan yang ada dari kebutuhan pendidikan Islam saat ini, yakni menegaskan keislaman dan mampu memberikan konsep yang dibutuhkan masyarakat masa kini. 3) Dalam salah satu tujuan pendidikan Islam adalah menciptakan insan yang akademis dan penuh tanggungjawab dalam aspek kehidupan yang dijalani. Sehingga tiga asas tersebut berperan mendasar dalam pendidikan Islam di Indonesia yang ber-keindonesiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Usman, SS.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Nurcholish Madjid, Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam
Subjects: Islam dan Pemikiran
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 30 Nov 2022 11:17
Last Modified: 30 Nov 2022 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum