STRATEGI PENYIARAN RADIO KOMUNITAS DALAM MEMPEROLEH PENDENGAR

ANWARUDIN - NIM. 04210073, (2011) STRATEGI PENYIARAN RADIO KOMUNITAS DALAM MEMPEROLEH PENDENGAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi di bidang pembangunan semakin nampak. Hal ini dibuktikan dan diwujudkan dalam berekspresi dalam bidang komunikasi dan informasi dengan didirikannya radio komunitas. Pemerintah memberikan peluang kepada seluruh warga Negara untuk ikut berperan didalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan dikeluarkannya UU No.32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran, muncul pengakuan dari Pemerintah bahwa radio komunitas memiliki arti penting guna penguatan di bidang informasi dan komunikasi. Pada umumnya radio komunitas dikelola oleh warga setempat, dari pengisi siaran hingga narasumbernya. Dengan demikian isi siarannya tidak jauh dari cerminan maupun ciri khas yang ada pada komunitas tersebut. Radio komunitas melayani kebutuhan informasi warga komunitas. Radio komunitas bersifat independent dan tidak komersil, dengan daya pancar rendah, luas jangkauan wilayah terbatas serta untuk melayani kepentingan komunitasnya. Karena memiliki sifat-sifat tersebut, maka dari itu radio komunitas diharapkan mampu untuk dapat bersaing dengan radio komersil agar tidak ditinggalkan oleh pendengarnya. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh manajemen radio komunitas Srimartani FM dalam melakukan siaran yang mencakup keseluruhan penjadwalan, pelaksanaan sampai tahap evaluasi program siaran guna mencapai tujuan yaitu memperoleh pendengar. Teori strategi penyiaran yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori dari Susan Tyler Eastman yaitu Strategi Kesesuaian (Compatibility), Strategi Pembentukan Kebiasaan (Habit Formation), Strategi Pengontrolan Arus Pendengar (Control Of Audiens Flow), Strategi Penyimpanan Sumber-Sumber Program (Conservation Of Program Resources), Strategi Daya Penarik Massa (Mass Appeal). Manajemen radio komunitas Srimartani FM dalam merencanakan program menerapkan teori tersebut dalam melakukan penyiaran. Mulai dari perencanaan penjadwalan program, pelaksanaan siaran hingga tahap evaluasi supaya acara didengar dan diminati. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khoiro Ummatin, M.Si,
Uncontrolled Keywords: teknologi informasi dan komunikasi, radio komunitas, pengisi siaran
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 24 Jul 2013 16:57
Last Modified: 16 Oct 2015 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum