PENGARUH MOTIVASI RELAWAN PLD (PUSAT LAYANAN DIFABEL) TERHADAP KEAKTIFAN DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SELAMA MASA PANDEMI

Meyhelda Rosa Savandra, NIM.: 18107020058 (2022) PENGARUH MOTIVASI RELAWAN PLD (PUSAT LAYANAN DIFABEL) TERHADAP KEAKTIFAN DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SELAMA MASA PANDEMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH MOTIVASI RELAWAN PLD (PUSAT LAYANAN DIFABEL) TERHADAP KEAKTIFAN DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SELAMA MASA PANDEMI)
18107020058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (4MB)
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI RELAWAN PLD (PUSAT LAYANAN DIFABEL) TERHADAP KEAKTIFAN DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SELAMA MASA PANDEMI)
18107020058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

UIN Sunan Kalijaga sebagai perguruan tinggi memulai langkahnya dalam menciptakan pendidikan inklusif dengan menerima berbagai macam latar belakang mahasiswa tanpa terkecuali dan salah satunya difabel. Terbukti dengan membentuk lembaga PLD (Pusat Layanan Difabel) yaitu lembaga yang memberikan layanan bagi mahasiswa difabel khususnya dalam hal akademik. Inklusivitas yang terbentuk dari peran PLD adalah dengan adanya peran relawan untuk mendampingi difabel dalam proses pembelajaran/perkuliahan. Tetapi selama pandemi Covid-19 terjadi perubahan proses pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka namun berubah menjadi online begitupun proses pendampingan berubah menjadi onlien. Perubahan proses pembelajaran tersebut menjadi sebuah masalah terutama relawan dalam mendampingi difabel, karena beberapa kendala seperti kurangnya akses jaringan internet dan paket data yang mahal. Hal ini menjadi perhatian peneliti dalam melihat motivasi relawan selama melakukan pendampingan dengan beberapa kendala ketika dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Relawan Terhadap Keaktifan dalam Pendampingan Pembelajaran Online Mahasiswa Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama Pandemi. Teori yang digunakan dalam penelitaian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber. Dalam teori tersebut, Max Weber menjelaskan bahwa tindakan sosial dalam pola interaksi terbagi menjadi 4 tipe yaitu Tindakan rasionalitas instrumental, Tindakan rasionalitas nilai, Tindakan tradisional dan Tindakan afektif /Emosional. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Peneliti mendapatkan data dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner dibagikan melalui media sosial WA(WhatsApp) dalam bentuk google form. Metode analisi data yang digunakan adalah uji deskriptif dan uji linear sederhana menggunakan aplikasi software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Indikator tindakan rasionalitas instrumental dalam variabel motivasi relawan memiliki pengaruh terhadap keaktifan relawan dalam melakukan pendampingan pembelajaran online sebesar 69,6%, nilai sig0,000(<0,05); 2. Indikator rasionalitas nilai dalam variabel motivasi relawan memiliki pengaruh terhadap keaktifan relawan dalam melakukan pendampingan pembelajaran online sebesar 59,8%, nilai sig 0,000 (,0,05); 3. Indikator tindakan tradisional dalam variabel motivasi relawan memiliki pengaruh terhadap keaktifan relawan dalam melakukan pendampingan pembelajaran online sebesar 58,5%, nilai sig 0,000(<0,05); 4. Indikator tindakan afektif pada variabel motivasi relawan memiliki pengaruh terhadap keaktifan relawan dalam melakukan pendampingan pembelajaran online seesar 59,5%, nilai sig 0,000 (0,05). Berdasarkan hasil analisis menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dapat diketahui bahwa motivasi relawan PLD berpengaruh pada keaktifan relawan dalam melakukan pendampingan pembelajaran online selama masa pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: tindakan afektif; pendampingan pembelajaran; motivasi relawan; pandemi Covid-19
Subjects: Psikologi > Motivasi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jan 2023 10:23
Last Modified: 25 Jan 2023 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum