ANALISIS PENGELOLAAN DANA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL BAZNAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021

Dini Anjani, NIM.: 17102040129 (2022) ANALISIS PENGELOLAAN DANA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL BAZNAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS PENGELOLAAN DANA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL BAZNAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021)
17102040129_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (ANALISIS PENGELOLAAN DANA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL BAZNAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021)
17102040129_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya organisasi selain organisasi sosial, yang serata di lembaga pemerintahan yang dapat menerima dan mengelola dana CSR yaitu Badan Amil Zakat Nasional. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan dana CSR oleh Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS Kota Yogyakarta. Adanya lembaga mitra pengelolaan dana CSR akan membantu perusahaan dalam mengelolakan dana CSR tersebut, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya oprasional yang lebih banyak. BAZNAS Kota Yogyakarta menjadi salah satu lembaga yang memiliki daftar mustahik dan program penyaluran unggulan yang telah disesuaikan dengan pemetaan kebutuhan di Kota Yoyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pengelolaan dana CSR di BAZNAS Kota Yogyakarta tahun 2020 – 2021. Menggunakan teori Yusuf Wibisono (2007) yang menjelaskan tentang tahapan pengelolaan dana CSR terdiri dari perencanaan; Awarness Bulding, CSR Assesment, CSR Manual), implementasi; (sosialisasi, pelaksanaan, Internalisasi), Evaluasi dan Pelaporan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman yaitu Interactive model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana CSR di BAZNAS Kota Yogyakarta tahun 2020 – 2021 belum berjalan dengan baik melalui proses perencanaan; Awarness Bulding, CSR Assesment, CSR Manual), implementasi; (sosialisasi, pelaksanaan, Internalisasi), Evaluasi dan Pelaporan. Proses pengelolaan dana CSR kurang sesuai dengan teori yang digunakan peneliti serta terjadi banyak kekurangan dan penyimpangan. Sehingga dapat dinilai bahwa pengelolaan dana CSR di BAZNAS Kota Yogyakarta tahun 2020 – 2021 kurang berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solihan, S.Sos.I., MPA
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana, Croporate Social Responsibility (CSR), Badan Amil Zakat Nasional BAZNAS Kota Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Jan 2023 10:51
Last Modified: 25 Jan 2023 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum