METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS BAGI SISWA KELAS VIII MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA

SITI NUR HASANAH - NIM. 06410053 , (2011) METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS BAGI SISWA KELAS VIII MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS BAGI SISWA KELAS VIII MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS BAGI SISWA KELAS VIII MTsN LAB. UIN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adanya kesenjangan antara idealitas dan realitas. Yaitu idealnya dengan adanya metode Active Learning seharusnya siswa bisa berperan aktif dalam proses belajar mengajar, akan tetapi pada kenyataannya masih ada beberapa siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode Active Learning dalam Pembelajaran al-Quran Hadits di MTsN LAB. UIN Yogyakarta, metode pembelajaran yang diterapkan, proses pelaksanaan metode Active Learning, kendala-kendala yang menyebabkan hasil pembelajaran yang didapat tidak sesuai dengan tujuan pembelajarannya, serta upaya-upaya yang dilakukan. Siswa MTsN LAB. UIN Yogyakarta belum mampu mengaplikasikan dalam sikap materi yang telah diberikan dalam pembelajaran al-Quran Hadits. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, bermutu, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTsN LAB. UIN Yogyakarta. Pengumpulan data dengan bservasi non partisipatif, wawancara dengan menggunakan pedoman, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif yaitu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah:(1) Metode Active Learning yang digunakan dalam pembelajaran al-Quran Hadits di Kelas VIII MTsN LAB. UIN Yogyakarta adalah metode diskusi, metode tanya jawab, metode resitasi dan tugas belajar, dan card sort. (2) pelaksanaan dari metode Active Learning kurang maksimal, karena disebakan oleh beberapa hal, yaitu; pertama, karena metode tersebut digunakan secara campur, kedua, guru mempunyai persepsi yang berbeda berkenaan dengan penerapan metode. (3) adapun kendala yang dihadapi; pertama, guru kurang maksimal dalam menerapkan metode pembelajaran yang ada. Kedua, Lingkungan sekolah yang kurang kondusif karena sering adanya suara gaduh dari kereta dan pesawat yang lalu-lalang, serta kurangnya fasilitas, media atau alat bantu dalam pelaksanaan metode Active Learning. Ketiga, latar belakang kondisi keluarga dan masyarakat siswa yang kurang mendukung, dan tidak adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan lingkungan sekitar siswa atau langsung dengan wali murid, padahal siswa lebih banyak menghabiskan waktu diluar sekolah. Upaya yang telah dilakukan guru al-Quran hasits di MTsN LAB. UIN Yogyakarta dalam pembelajaran memperhatikan kondisi kemampuan profesional guru, fasilitas, dan kondisi siswa, baik kondisi internal siswa maupun kondisi ekternal yang mempengaruhi siswa, seperti kondisi keluarga, dan masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Feb 2013 17:39
Last Modified: 22 Feb 2013 17:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum