PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

ANAS SUMARHADI - NIM. 06680028, (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAPS TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain non-equivalent pretest postest design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps dan variabel terikat berupa minat dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA yang terbagi menjadi 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar angket minat belajar. Analisis data minat belajar siswa menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik persentase dan analisis prestasi belajar siswa menggunakan Uji t berpasangan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif angket minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan rata-rata tiap aspek. Hal ini berarti pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps berpengaruh terhadap minat belajar siswa, karena rata-rata minat belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Analisis hasil prestasi belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t menghasilkan p = 0.032 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan joyful learning melalui metode mind maps berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, Mind Maps, Minat, Prestasi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Mar 2013 19:22
Last Modified: 01 Mar 2016 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum