PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR

Frisma Mufti Hafisyah Dewanti, NIM.: 19104080026 (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR)
19104080026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR)
19104080026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA yang optimal salah satunya dicapai melalui kegiatan yang mengaitkan teori dan praktik. Hal tersebut dikarenakan peserta didik mampu melatih keterampilan-keterampilan ilmiah yang penting dimiliki dalam IPA. Kegiatan dalam pembelajaran IPA yang mampu melatih keterampilan ilmiah peserta didik adalah praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA berbasis KPSD untuk kelas VI MI/SD berdasarkan penilaian dari validator dan tanggapan dari calon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan (research and development). Adapun model yang digunakan adalah Four-D Thiagarajan dengan 4 tahap pengembangan yakni; define, design, develop, dan dissemination. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Menggunakan 2 jenis angket yang digunakan untuk mengumpulkan data, (1) angket penilaian validator dengan skala likert, dan (2) angket respon keterbacaan oleh peserta didik dengan skala guttman. Adapun data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sementara peserta didik kelas VI sebagai responden dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penilaian kelayakan oleh validator terhadap panduan praktikum IPA berbasis KPSD yang peneliti kembangkan memperoleh skor 96,8 dengan nilai A kategori sangat baik. Sementara hasil uji keterbacaan peserta didik kelas VI terkait panduan praktikum IPA berbasis KPSD memperoleh tanggapan positif dengan skor 88 persentase 100% menjawab “ya”. Adapun tanggapan peserta didik terhadap produk diantaranya “bagus, jelas, mudah dipahami, dan menarik”. Berdasarkan hasil penilaian validator dan respon peserta didik terhadap panduan praktikum IPA berbasis KPSD, maka produk yang peneliti kembangkan telah dinilai layak oleh validator dan memperoleh tanggapan positif dari calon peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: panduan praktikum; keterampilan proses sains dasar (KSPD); pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 08:21
Last Modified: 22 May 2023 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum