MANAJEMEN PENGAWASAN UNTUK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA

Windhi Erlinda, NIM.: 16490021 (2023) MANAJEMEN PENGAWASAN UNTUK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGAWASAN UNTUK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
16490021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGAWASAN UNTUK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
16490021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy

Abstract

Secara garis besar literatur penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan pengawasan pendidikan belum berjalan dengan optimal. Padahal, pengawasan dalam pendidikan penting bagi peningkatan profesional guru, karena guru merupakan kunci kemajuan pendidikan. Maka dari itu, guru perlu memperoleh pengawasan secara berkala dan terus menerus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguraikan manajemen pengawasan guru Pendidikan Agama Islam di Kemenag Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Pokjawas PAI Kemenag Kota Yogyakarta. Informan penelitian diperoleh menggunakan teknik purposive dan snowball, berjumlah sembilan orang yang terdiri dari lima orang pengawas PAI Kemenag Kota Yogyakarta, kepala Seksi PAIS tahun 2020 dan 2023 Kemenag Kota Yogyakarta serta dua orang guru PAI binaan Kemenag Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta contrasting dan comparing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk menguraikan manajemen pengawasan guru PAI di Kemenag Kota Yogyakarta dapat dilihat dari 3 tahapan yaitu perencanaan program pengawasan, pelaksanaan program pengawasan dan evaluasi program pengawasan. Pada perencanaan, pengawas menyusun program bagi guru PAI yang dilaksanakan selama satu tahun. Pelaksanaan program pengawasan, pengawas mengimplementasikan program yang telah disusun sebelumnya. Dan evaluasi program pengawasan, pengawas melakukan koreksi bagi pelaksanaan program yang belum sesuai rencana. (2) Strategi pengawas PAI Kemenag Kota Yogyakarta untuk mengefektifkan manajemen pengawasan Guru PAI melalui pembinaan guru secara individu dan kelompok, jadwal supervisi mengutamakan guru yang kurang profesional, menyusun program sesuai kebutuhan guru, memberikan keringanan administrasi, memberikan guru tugas tambahan, dan melakukan kerjasama dengan kepala sekolah. (3) Aspek yang mempengaruhi manajemen pengawasan guru PAI di Kemenag Kota Yogyakarta berasal dari aspek pengawas dan guru. Aspek pengawas yakni kompetensi yang dimiliki pengawas PAI sehingga mendukung keberhasilan pelaksanaan manajemen pengawasan. Sedangkan aspek guru merupakan kendala yang dimiliki oleh guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: PAI teacher; management; supervisory; profesionalisme guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2023 08:26
Last Modified: 23 May 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum