PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA WALLCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023

Suci Luthfiah Azahro, NIM.: 19104010069 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA WALLCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA WALLCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 SRAGEN TAHU N AJARAN 2022/2023)
19104010069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA WALLCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 SRAGEN TAHU N AJARAN 2022/2023)
19104010069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitia ini adalah terdapat rendahnya hasil belajar peserta didik di jenjang Madrasah Tsanawiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional berbasis kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, penelitian ini mengambil latar di MTs Negeri 3 Sumberlawang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis berbentukpretest dan posttest. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistik yaitu uji paired sampel t-test dan Uji N-Gain dengan bantuan SPSS 21 yang bertaraf signifikasi 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen. Berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan di antara nilai akhir kelompok eksperimen dan kontrol. Di mana Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat ditarik kesimpulan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen. Kemudian besar pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 58,1 % atau 56%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Cooperatif Learning, Group Investigation, Media Wal/chart, Hasil Belajar Fikih
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 09:01
Last Modified: 22 May 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum