EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI MIN 2 BANTUL

Lailatul Masruro, NIM.: 19104020047 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI MIN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI MIN 2 BANTUL)
19104020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI MIN 2 BANTUL)
19104020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan virtual reality learning dengan media google cardboard dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VI MIN 2 Bantul, dan untuk mengetahui perbedaan signifikansi kelas eksperimen (yang diberikan perlakuan dengan model virtual reality learning dengan media google cardboard) dengan kelas kontrol (yang tidak diberikan perlakuan dengan model virtual reality learning dengan media google cardboard). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VI MIN 2 Bantul. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIN 2 Bantul, kemudian dipilih sampel kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu diuji dengan uji kolmogrov-smirnov dan uji varian untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari aspek uji coba kelas kontrol dan kelas uji coba menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, akan tetapi model virtual reality learning dengan media google cardboard dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VI MIN 2 Bantul kurang efektif. Data diuji dengan uji wilcoxon sebagai alternatif dari uji paired sample t test karna data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan taraf signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan signifikan. Selanjutnya data dianalisis dengan uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas penggunaan virtual reality learning dengan media google cardboard. Hasil perhitungan menunjukkan penerapan model virtual reality learning dengan media google cardboard dinyatakan “kurang efektif” karena memiliki rata-rata 51,9938 atau 52 %, hal ini berdasar pada tabel pengukuran kategori tafsiran efektivitas nilai uji N-gain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I.,M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Virtual reality, Google Cardboard, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 09:07
Last Modified: 22 May 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum