PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A TERHADAP KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL AMIN SENTOLO KULON PROGO

Oermi Inas Atikah Zahra’, NIM.: 19104010024 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A TERHADAP KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL AMIN SENTOLO KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A TERHADAP KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL AMIN SENTOLO KULON PROGO)
19104010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A TERHADAP KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL AMIN SENTOLO KULON PROGO)
19104010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang seringkali muncul pada saat ini yaitu membaca Al-Qur’an tanpa memperhatikan pelafalan makhorijul huruf dan hukum tajwid. Masyarakat yang belajar di Pondok Pesantren Nurul Amin sudah banyak yang bisa membaca Al-Qur’an, tetapi masih ada yang bacaannya belum sesuai dengan makhorijul huruf dan hukum tajwid. Hal tersebut dapat disebabkan karena kesulitan dalam proses belajar membaca Al-Qur’an. Kesulitan belajar membaca Al-Qur’an dapat disebabkan karena penggunaan metode yang kurang tepat. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Amin yaitu metode yanbu’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yanbu’a terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an dan besarnya pengaruh pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yanbu’a terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penilitian korelasional. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner, tes, observasi, wawancara, dan dokementasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana yang telah melalui uji prasyarat hipotesis dengan uji normalitas dan linieritas. Setelah melakukan uji prasyarat hipotesis, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan analisis koefisien, analisis korelasi, dan koefisien determinan yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yanbu’a terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nurul Amin. Hasil tersebut berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan thitung (11,326) > ttabel (2,02439), nilai pearson correlation (0,878) > rtabel (0,312) dan nilai pearson correlation 0,878 bertanda positif, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Besar pengaruh metode yanbu’a terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nurul Amin Sentolo Kulon Progo sebesar 77,1% sedangkan 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan analisis koefisien determinan dengan model summary yang diketahui nilai r square 0,771 (0,771 x 100% = 77,1%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Al-Qur’an; metode Yanbu’a; kefasihan membaca Al- Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 09:22
Last Modified: 22 May 2023 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum