PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN WEB APPS ANIMAKER

Ayu Taqwantari Dina Astuti, NIM.: 19104060012 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN WEB APPS ANIMAKER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN WEB APPS ANIMAKER)
19104060012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN WEB APPS ANIMAKER)
19104060012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Materi redoks banyak mengandung konsep yang abstrak. Oleh karena itu, diperlukan video animasi untuk mengilustrasikan materi yang abstrak agar menjadi lebih konkret sehingga mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi bermuatan kontekstual pada materi reaksi redoks menggunakan Web Apps Animaker dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat baik, ahli media mendapatkan 90% dengan kategori sangat baik, dan reviewer mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik. Siswa SMA kelas X memberikan respons positif terhadap produk yang dikembangkan dengan persentase sebesar 94,5%. Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa video yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran materi reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran Kontekstual, Reaksi Reduksi-Oksidasi (Redoks), Web Apps Animaker
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 09:55
Last Modified: 22 May 2023 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum